Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Optimistis Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia

Rabu, 09 Maret 2022 – 12:25 WIB
Ketua MPR Optimistis Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertemu dengan Panglima Komando Armada II TNI AL Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto di Markas Koarmada II, Surabaya, Rabu (9/3).

jpnn.com, SURABAYA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) optimistis upaya pemerintahan Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia bisa terwujud.

Konsekuensinya, TNI Angkatan Laut (TNI AL) harus bisa menjaga kedaulatan dan kekayaan laut dari ancaman.

Dengan begitu, berbagai potensi laut dimaksimalkan untuk kemakmuran bangsa Indonesia.

Wilayah ambang batas laut terluar antara Indonesia dan negara tetangga menjadi salah satu daerah rawan yang harus diawasi ketat oleh TNI AL.

''Berbagai pelanggaran wilayah kerap dilakukan kapal asing yang menyelundupkan narkoba, illegal fishing, illegal logging, imigran gelap, perompakan, maupun pembajakan," ujar Bamsoet.

Hal itu dikatakannya saat bertemu dengan Panglima Komando Armada II TNI AL Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto di Markas Koarmada II, Surabaya, Rabu (9/3).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengingatkan, kedaulatan bangsa Indonesia di laut seharusnya tidak hanya sea power yang mengacu pada kontrol menyeluruh atas lautan, tetapi juga naval power.

''Untuk menguatkan pertahanan Indonesia, harus dimulai dengan menguatkan armada TNI AL. Selain terus menggelorakan doktrin kekuatan maritim guna mewujudkan kembali kejayaan Indonesia sebagai negara maritim," kata Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yakin Indonesia menjadi poros maritim dunia di bawah pemerintahan Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close