Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR: Perlindungan Anak Menjadi Tanggung Jawab Semua Pihak

Jumat, 24 Juli 2020 – 15:51 WIB
Ketua MPR: Perlindungan Anak Menjadi Tanggung Jawab Semua Pihak - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan kita perlu membangun komitmen dan kesadaran kolektif bahwa perlindungan anak adalah tanggung jawab semua pihak.

Menurutnya, harus ada kehadiran dan keberpihakan negara. Harus ada peran dan teladan orang tua serta dukungan dari lingkungan sosial.

“Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan melindungi anak-anak kita agar apapun yang menjadi hak dan fitrah mereka sebagai anak-anak dapat terjamin dan terlindungi,” kata Bamsoet dalam Peringatan Hari Anak di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Ketua MPR mengikuti secara virtual Peringatan Hari Anak dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” yang diinisiasi Family and Women’s Specialist Forum Perkumpulan Lions Indonesia Multi Distrik 307.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Family and Women’s Specialist Forum Perkumpulan Lions Indonesia Multi Distrik 307 Hj. Silviana Murni, Ketua Dewan Gubernur Perkumpulan Lions Indonesia Yodianto Jaya.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Bintang Puspayoga dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, serta sekitar 500 anak dari seluruh Indonesia mengikuti secara virtual peringatan Hari Anak ini.

Menurut Bamsoet, rasa aman secara fisik dan psikis harus senantiasa hadir dari lingkungan keluarga dan lingkungan sosial di sekitar anak-anak.

“Penting bagi kita membangun paradigm dan cara pandang yang sama bahwa dalam konsepsi perlindungan anak, perasaan terlindungi harus ditumbuhkan dari perspektif anak, sehingga anak merasa aman dan nyaman, dan bukan merasa terkekang,” katanya. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan perlu membangun komitmen dan kesadaran kolektif bahwa perlindungan anak adalah tanggung jawab semua pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close