Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR RI dan DPP LDII Sepakati Program Sekolah Virtual Kebangsaan

Jumat, 28 Juni 2024 – 20:56 WIB
Ketua MPR RI dan DPP LDII Sepakati Program Sekolah Virtual Kebangsaan - JPNN.COM
Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto dan jajarannya beraudiensi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada Kamis (27/6). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto dan jajarannya beraudiensi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada Kamis (27/6).

Dalam silaturahim tersebut mereka menyoroti nilai-nilai kebangsaan yang kian melemah, akibat globalisasi yang meresap ke dalam kehidupan bangsa Indonesia melalui media massa dan media sosial.

“Ideologi Pancasila mengalami penggerusan saat media ber-platform penyiaran film internasional berbayar dan berbagai media massa lainnya, menayangkan kehidupan Barat disebarluaskan oleh media sosial,” ujar Bambang Soesatyo yang biasa disapa Bamsoet.

Budaya tersebut dapat memberikan dampak buruk terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan bagi kehidupan generasi muda. Menurut Bamsoet, bangsa Indonesia memerlukan penebalan pemahaman kebangsaan, “Agar tidak luntur nilai-nilai kebangsaan mereka dan jati diri asli mereka terhadap bangsanya sendiri,” paparnya.

Ia berpendapat, untuk mengantisipasi penggerusan nilai-nilai Pancasila, haruslah ada sebuah program kebangsaan yang memberikan kesadaran bahwa NKRI lebih penting dari segalanya. “Akar permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia saat ini, sering bermula dari mudahnya rakyat Indonesia diadu domba yang berpotensi merusak tatanan kita sebagai bangsa dan negara,” lanjutnya.

Menurutnya, masalah sosial yang tengah terjadi di Indonesia sangat kompleks sehingga menimbulkan masalah krusial lainnya. "Permasalahan seperti judi online, pinjaman online, lebih buruknya adalah terjadi krisis terbesar di Indonesia yaitu krisis tahun 1998. Hal ini merupakan salah satu contoh dari gejolak sosial yang berujung pada kriminalisasi dan harus diantisipasi melalui kesadaran kebangsaan," ungkap Bamsoet.

Tak sebatas membahas persoalan kebangsaan saja, pada pertemuan tersebut jajaran pengurus DPP LDII memberikan usulan kepada MPR RI untuk mengadakan program “Sekolah Virtual Kebangsaan”. DPP LDII meyakini, Sekolah Virtual Kebangsaan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan ke berbagai elemen anak bangsa, mendukung terimplementasinya Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta memberikan pemahaman pentingnya Empat Pilar Kebangsaan dalam menghadapi ekspansi arus globalisasi.

Bamsoet mengapresiasi inisiasi program tersebut dan berharap LDII turut mempertebal nilai-nilai kebangsaan. “Kita masih tegak berdiri di sini karena kita mengamalkan Pancasila. Melalui program Sekolah Virtual Kebangsaan ini sangatlah bagus, dengan memaksimalkan teknologi sehingga penyebarannya dapat menjangkau berbagai belahan Indonesia,” jelasnya.

Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto dan jajarannya beraudiensi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada Kamis (27/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close