Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Harus Ada Langkah Serius Kuatkan Nilai-nilai Kebangsaan

Rabu, 26 Juni 2024 – 20:25 WIB
Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Harus Ada Langkah Serius Kuatkan Nilai-nilai Kebangsaan - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berdiri, tengah) saat hadir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama PPPAU yang mengangkat tema 'Pancasila sebagai Pemersatu dan Pedoman di Tengah Tantangan Global ke Depan' yang berlangsung di Jakarta, Rabu (26/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan harus ada langkah-langkah serius untuk menguatkan nilai-nilai dan wawasan kebangsaan, khususnya kepada generasi muda.

Hal ini disampaikan Bamsoet sapaan akrabnya dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama Persatuan Putra-Putri Angkatan Udara (PPPAU) di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/6).

Penerima Brevet dan Wing Kehormatan Penerbang Pesawat Tempur TNI AU itu menyampaikan Pancasila sebagai pandangan hidup yang menjadi titik temu dan menyatukan beragam arus pemikiran memiliki peran fundamental dalam mempersatukan bangsa yang majemuk dalam keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang besar.

Sebagai ideologi dan dasar negara, nilai-nilai Pancasila menjadi jiwa yang menginspirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila menjadi sumber jati diri bangsa, kepribadian, moralitas, dan haluan keselamatan bangsa.

"Pancasila juga menjadi landasan pokok dan fundamental bagi penyelenggaraan negara. Rumusan sila-sila Pancasila secara yuridis-konstitusional sah, berlaku dan mengikat seluruh lembaga negara, lembaga masyarakat serta setiap warga negara, tanpa terkecuali," terang Bamsoet.

Ketua ke-20 DPR itu menyampaikan Pancasila sebagai ideologi bangsa sejatinya merupakan ideologi terbuka dalam menyerap berbagai nilai-nilai baru yang dapat bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengingatkan berbagai tantangan menjadi sinyal harus ada langkah serius menguatkan nilai-nilai dan wawasan kebangsaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA