Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR RI Puji Peluncuran Animasi Butir-Butir Pancasila

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 17:22 WIB
Ketua MPR RI Puji Peluncuran Animasi Butir-Butir Pancasila - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Foto: humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memuji peluncuran Animasi Butir-Butir Pancasila yang digagas generasi muda bangsa dalam gerakan kebangsaan 'Aku, Kamu, Kita, Indonesia' (AKKI).

Sebagai sebuah platform kebangsaan, kehadiran AKKI adalah bukti nyata masih ada generasi muda bangsa yang peduli dan berkomitmen untuk menjaga, merawat, dan memperjuangkan kelestarian nilai-nilai kebangsaan.

Dia mengatakan bahwa AKKI yang didirikan oleh dua orang pelajar SMA berprestasi dari Jakarta Inter-cultural School, Effan Audi Khalif dan Ignazio Marco Widodo, menjadi bukti nyata bahwa perbedaaan latar belakang tidak menjadi penghalang bagi bersatunya visi kebangsaan.

"Keberagaman bukanlah menyediakan celah yang memisahkan, tetapi justru memberikan ruang untuk saling mengisi, dan pada akhirnya menyatukan," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat peluncuran Animasi Butir-Butir Pancasila secara daring di Jakarta, Sabtu (21/8).
 
Mantan ketua DPR itu mengingatkan, di tengah himpitan beragam persoalan yang dihadapi di masa pandemi, masih ada persoalan yang tidak kalah pelik, yaitu bergsernya nilai-nilai kearifan lokal dan jati diri bangsa, khususnya di kalangan generasi muda.

Dia menyebut arus globalisasi yang sedemikian deras menawarkan berbagai paham dan nilai-nilai yang tidak selaras dengan jati diri keindonesiaan. Seperti, gaya hidup hedonis, individualis, egois, dan pragmatis, yang telah mereduksi semangat kebangsaan dari sebagian generasi muda bangsa Indonesia.

"Kita patut prihatin bahwa menurut survei yang dilakukan oleh Komunitas Pancasila Muda pada akhir Mei 2020, tercatat 19,5 persen responden generasi muda menganggap Pancasila hanya ada di ruang utopia, yaitu sekedar istilah yang tidak dipahami maknanya," tutur Bamsoet.

Padahal, kata mantan ketua Komisi III DPR itu, sebagai pandangan hidup dan ideologi bangsa, kehadiran Pancasila seharusnya dapat dirasakan dalam setiap denyut nadi dan tarikan nafas kehidupan masyarakat.

"Dia harus diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata, agar tidak menjadi konsep yang hanya hidup di awang-awang, atau hanya menjadi hafalan rumusan sila-sila di luar kepala," ucapnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi peluncuran Animasi Butir-Butir Pancasila yang digagas gerakan kebangsaan 'Aku, Kamu, Kita, Indonesia' (AKKI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close