Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketum API Sebut Panas Bumi Berpotensi Besar Sebagai Sumber Energi Terbarukan

Jumat, 19 Juli 2024 – 19:31 WIB
Ketum API Sebut Panas Bumi Berpotensi Besar Sebagai Sumber Energi Terbarukan - JPNN.COM
Ilustrasi - Ketua Umum API Julfi Hadi menyebut panas bumi memiliki potensi besar sebagai sumber energi terbarukan. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Pertamina

jpnn.com - JAKARTA - Ketua umum Asosiasi Panas Bumi Indonesia atau Indonesian Geothermal Association (API/INAGA) Julfi Hadi menilai perlu kerangka kebijakan untuk mengakselerasi pengembangan panas bumi.

Menurutnya panas bumi memiliki potensi besar sebagai sumber energi terbarukan di Indonesia dan diharapkan dapat memainkan peran kunci.

Karena itu kerangka kebijakan sangat diperlukan untuk mendukung regulasi serta inovasi sebagai pendorong utama.

"Inisiatif ini tidak hanya memerlukan kolaborasi antarpemangku kepentingan, tetapi juga langkah-langkah konkret dalam hal kebijakan, regulasi dan insentif fiskal yang mendukung," ujar Julfi Hadi dalam keterangannya, Jumat (19/7).

Julfi lantas membeber sejumlah langkah yang telah diambil. Antara lain, meningkatkan kontribusi terhadap energi terbarukan.

Pemerintah juga telah mengambil langkah-langkah strategis, di antaranya menetapkan kebijakan tarif yang disesuaikan dengan karakteristik panas bumi. Hal ini dinilai sebagai kunci untuk menarik investasi dan memastikan keberlanjutan proyek.

Pemerintah juga menetapkan skema insentif seperti insentif pajak atau subsidi langsung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya investasi awal dan meningkatkan keekonomian proyek panas bumi.

Langkah lain, pemerintah merealisasikan kebijakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Kemudian, menetapkan mekanisme lelang wilayah kerja pengembangan (WKP) atau wilayah pemanfaatan sumber daya panas bumi (WPSPE).

Ketua Umum API Julfi Hadi menyebut panas bumi memiliki potensi besar sebagai sumber energi terbarukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA