Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketum IKA ITS Beberkan Keunggulan Formula R-5 & OceanFarmITS kepada Menko Luhut & Airlangga

Senin, 28 Maret 2022 – 14:00 WIB
Ketum IKA ITS Beberkan Keunggulan Formula R-5 & OceanFarmITS kepada Menko Luhut & Airlangga - JPNN.COM
Pengurus Pusat Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PP IKA ITS) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022. Foto tangkapan layar

jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Pusat Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PP IKA ITS) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022, dengan mengangkat tema Perkuat KolaborAksi IKA ITS untuk Indonesia, pada Sabtu (26/3).

Acara yang digelar secara hybrid ini dihadiri oleh dua menteri kabinet Indonesia Maju, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kegiatan ini menunjukan bahwa tujuan bersama akan sulit dicapai jika kita berjalan sendiri-sendiri. Kerja sama atau kolaborasi sangat dirasakan dan penting dijalankan. Tanpa hal tersebut, pandemi tak akan kunjung berakhir," kata Ketua Umum PP IKA ITS, Ir Sutopo Kristanto.

Sutopo melaporkan IKA ITS telah meluncurkan struktur pemrakarsaan bisnis guna menunjang langkah hilirasi inovasi tersebut.

"Saat ini kami, mematangkan langkah untuk mengkonkritkan dua entitas bisnis. Pertama adalah formula pembenah tanah atau R-5 yang sekarang sedang diujicoba di Karawang. Kedua adalah OceanFarmITS yang kami kembangkan sebagai bagian dari hilirasi di sektor perikanan," paparnya.

Inovasi ini, kata Sutopo, diharapkan dapat mengatasi permasalahan ketersediaan pangan nasional.

Sebab jika padi biasanya hanya panem 2 kali, maka dengan menggunakan R-5, padi ditanam sekali dan panem 4 kali dalam setahun.

"Adapun OceanFarmITS adalah bangunan budidaya ikan (akuakultur) yang dipasang di laut lepas dan dimanfaatkan untuk mengembangkan ikan, khususnya tuna. Dengan metode ini, ikan dapat tumbuh alami di habitatnya dan dipanen sepanjang tahun," harap Sutopo.

IKA ITS meluncurkan struktur pemrakarsaan bisnis guna menunjang langkah hilirasi inovasi tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close