Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kiat Mencegah Kanker Otak Seperti yang Dialami Agung Hercules

Sabtu, 03 Agustus 2019 – 12:14 WIB
Kiat Mencegah Kanker Otak Seperti yang Dialami Agung Hercules - JPNN.COM
Agung Hercules. Foto: Instagram/agunghercules88

jpnn.com - Komedian Agung Hercules meninggal dunia karena menderita kanker otak setelah berjuang lebih dari 1 tahun. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker otak?

Menurut penelitian, kejadian kanker otak di seluruh dunia mencapai 3,4 per 100.000 penduduk dan dengan angka kematian mencapai 4 dari 100 ribu penduduk per tahunnya. Selain itu, angka kematian pada kanker otak ditemukan lebih tinggi pada pria.

Dalam dunia medis, tumor merupakan adanya massa atau jaringan yang tumbuh secara abnormal. Dalam hal ini, yaitu tumor yang tumbuh di jaringan otak.

Tumor memang tidak selalu ganas, sebab 70 persen tumor otak adalah tumor yang jinak. Namun, jenis kanker otak yang menyerang Agung Hercules, yaitu glioblastoma, merupakan tumor ganas (kanker) derajat IV.

Tips cegah kanker otak
Dengan mengetahui fakta tentang berbahayanya kanker otak, mungkin Anda akan merasa takut dengan penyakit ini. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya kanker disebabkan oleh banyak faktor.

Faktor genetik, usia, jenis kelamin, riwayat penyakit memang sulit untuk dicegah, tapi ada juga faktor gaya hidup yang bisa Anda modifikasi agar kanker tidak mudah menyerang. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kanker otak:

1. Pilih makanan yang baik
Bisa dibilang, pola makan sehat saat ini tidak lagi menganut 4 Sehat 5 Sempurna, melainkan gizi lengkap dan seimbang. Anda perlu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin, tetapi dalam jumlah yang sesuai dan seimbang.

Selain itu, hindari juga konsumsi makanan yang bersifat karsinogenik (memicu kanker), seperti makanan kaleng, daging olahan, dan bakar-bakaran.

Selain menyisakan duka bagi para keluarga, sahabat, dan penggemarnya, meninggalnya Agung Hercules juga harus membuat siapa pun waspada terhadap kanker otak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close