Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KIB Segera Matangkan Capres-Cawapres

Selasa, 31 Januari 2023 – 23:37 WIB
KIB Segera Matangkan Capres-Cawapres - JPNN.COM
Para ketua umum parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (kiri) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Foto: Dok. KIB

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum akan mengumumkan siapa Capres-Cawapres mereka.

KIB yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP ini masih perlu mematangkan kandidasinya.

“Saya kira KIB juga sedang mematangkan soal siapa kira-kira Capres dan Cawapres yang akan mereka usung. Ini kan koalisi yang sejak lama paling awal terbentuk tetapi progress soal Capres dan Cawapresnya belum kelihatan,” ujar Adi, Selasa (31/1).

Dari internal KIB, sosok Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto paling kuat.

Dia menilai Golkar solid untuk mencalonkan ketua umumnya sesuai dengan hasil musyawarah nasional. Namun beredar juga nama-nama dari eksternal oleh PAN dan PPP.

“Misalnya sudah mulai muncul belakangan dimana Erick Thohir misalnya sangat mungkin akan diusung oleh PAN sebagai salah satu jagoan, entah sebagai Capres ataupun Cawapres, sementara Golkar kan punya Airlangga Hartarto. Kita juga tidak tahu siapa yang akan disorongkan oleh PPP,” ujar Adi yang juga dosen di UIN Syahid Jakarta ini.

KIB lanjut Adi, juga perlu cepat menentukan Capres dan Cawapres mereka, karena koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, Demokrat dan PKS sudah menentukan Capres Anies Baswedan.

“Nanti tinggal tiga-tiganya itu berembuk kira-kira siapa yang akan dipilih? Namun, yang jelas KIB ini tentu sudah mematangkan siapa yang akan diusung apalagi poros perubahan kan sudah siap usung Anies, tinggal kepastiannya deklarasinya saja,“ ujarnya.

KIB yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP ini masih perlu mematangkan capres dan Cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024.jaka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close