Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kick Off Data Desa Presisi, Rieke Beberkan Pentingnya Integrasi Data Spasial

Jumat, 24 Februari 2023 – 18:20 WIB
Kick Off Data Desa Presisi, Rieke Beberkan Pentingnya Integrasi Data Spasial - JPNN.COM
Rieke Diah Pitaloka menghadiri kick off Data Desa Presisi (DDP) di Kawasan makam Panembahan Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Rieke Diah Pitaloka menghadiri kick off Data Desa Presisi (DDP) di Kawasan makam Panembahan Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Kamis (23/2).

Politikus PDIP itu menjelaskan bahwa DDP merupakan temuan Dr. Sofyan Sjaf dari Institut Pertanian Bogor yang dikolaborasikan dengan hasil penelitian disertasi Dr. Rieke Diah Pitaloka di FISIP Universitas Indonesia.

"DDP perwujudan dari pentingnya data dasar negara yang akurat dan aktual, yang direproduksi melalui pendataan desa dengan menggabungkan pendekatan top down dan bottom up," ujar Rieke dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (24/2).

Selain itu, kata Rieke, DDP mengintegrasi data spasial (lima jenis peta) dengan data numerik , khususnya lima aspek kesejahteraan rakyat (kesra) yang diamanatkan konstitusi, UUD NRI Tahun 1945.

Kepala Biro Tapem DIY KPH Yudonegara mengapresiasi terciptanya DDP di Desa Wukirsari.

Yudonegoro mengakui jika basis data desa dan kelurahan sangat penting untuk memperkuat Keistimewaan Yogyakarta agar kebijakan pembangunan dan reformasi birokrasi dapat dilakukan dengan lebih baik, terukur, terencana, tepat sasaran dan cepat.

Hasil uji coba DDP tersebut direncanakan akan diintegrasikan dengan aplikasi kelurahan yang telah dibangun Pemerintah Provinsi DIY.

DPRD Kabupaten Bantul juga mendorong agar praktik DDP di Desa Wukirsari mampu menambah beberapa parameter kebudayaan, yang sangat penting bagi konservasi dan revitalisasi kebudayaan di wilayah itu.

Rieke Diah Pitaloka menghadiri kick off Data Desa Presisi (DDP) di Kawasan makam Panembahan Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close