Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kim Jeffrey tak Bisa ke Luar Negeri

Belum Punya Paspor, Hanya Liburan di Bali

Senin, 06 Juni 2011 – 06:16 WIB
Kim Jeffrey tak Bisa ke Luar Negeri - JPNN.COM
Kim Jeffrey Kurniawan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos/Dok.JPNN
MALANG - Liburan panjang hampir dua bulan hanya bisa dinikmati pemain Persema Kim Jeffrey Kurniawan di dalam negeri. Dia tak bisa pulang ke rumah orang tuanya di Jerman, atau bepergian ke negara-negara lain. Itu lantaran sampai saat ini Kim belum punya paspor Indonesia meski sudah menjadi warga negara Indonesia lewat jalur naturalisasi.

Kim belum memegang paspor Indonesia karena Depkumham belum berani mengeluarkannya. Penyebabnya, surat pencabutan kewarganegaraan yang dikirim Depkumham ke Jerman belum mendapatkan balasan. "Saya juga bingung mengapa saya juga belum punya paspor Indonesia. Kan saya sudah menjadi warga Indonesia," kata Kim dengan bahasa Indonesia yang cukup lancar.

Kim memilih naturalisasi ke Indonesia karena ingin membela tim nasional. Artinya, dia ingin mengikuti jejak kakeknya, Kwee Hong Sing, yang pernah membela Timnas Indonesia pada era 1960-an. Harapan Kim untuk mengenakan kostum timnas terbuka karena dia masuk seleksi untuk Timnas U-23.

Kim mengaku sebenarnya ingin menjenguk orang tuanya di Jerman mumpung libur panjang. Dia ingin seperti pemain asing Persema yang menikmati liburan di negaranya. Namun, karena terhalang  masalah paspor, Kim hanya bisa menikmati liburan di Indonesia. "Saya tidak bisa pulang ke Jerman. Saya hanya bisa liburan ke Bali dan Jakarta," ujar dia kemarin.

MALANG - Liburan panjang hampir dua bulan hanya bisa dinikmati pemain Persema Kim Jeffrey Kurniawan di dalam negeri. Dia tak bisa pulang ke rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close