Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kisah Heroik Petugas ATC Bandara Palu Memandu Batik Air

Senin, 01 Oktober 2018 – 08:55 WIB
Kisah Heroik Petugas ATC Bandara Palu Memandu Batik Air - JPNN.COM
Menara ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufrie yang kemudian roboh. Foto: from fajaronline

jpnn.com, PALU - Kisah heroik Anthonius Gunawan Agung muncul di tengah duka musibah gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah.

Petugas Air Traffic Controller (ATC) AirNav Indonesia Cabang Palu itu meninggal setelah menunaikan tugas memandu pesawat Batik Air yang tengah lepas landas dari Palu menuju Makassar.

Batik Air bernomor ID6231 itu seharusnya terbang dari Bandara Mutiara Sis Al Jufrie, Palu, Jumat (28/9) pukul 17.55 Wita ke Makassar. Namun, sang pilot Captain Ricosetta Mafella meminta dipercepat menjadi 17.52 Wita.

Tidak ada firasat apa pun. Mafella hanya merasa sudah sangat siap take off. Petugas menara bandara pun mengizinkan. Ternyata, beberapa saat setelah lepas landas, bencana itu datang. Gempa disusul tsunami.

Mafella sempat mengabadikan keanehan di laut Palu, dari atas ketinggian 2.000-3.000 kaki. Menara bandara tak bisa dihubungi. Ternyata, bangunan tower sudah hancur karena guncangan 7,4 skala richter.

Nah, Anthonius Gunawan Agung menjadi korban meninggal. Sebelumnya, dia tetap bertahan di tower ATC hingga Batik Air yang dipiloti Mafella itu lepas landas.

Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait menyatakan, "Saat gempa terjadi, beliau telah memberikan clearing kepada Batik Air untuk lepas landas dan menunggu pesawat tersebut airbrone dengan selamat sebelum akhirnya meninggalkan cabin tower ATC," katanya. (*/fo)

Anthonius Gunawan Agung meninggal setelah menyelesaikan tugasnya memandu Batik Air lepas landas dari Palu, sesaat sebelum gempa dan tsunami.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close