Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kisah Kartini BRI dari Mamuju, Semangat Mantri Usra untuk Pulihkan UMKM Pasca-gempa

Rabu, 21 April 2021 – 11:08 WIB
Kisah Kartini BRI dari Mamuju, Semangat Mantri Usra untuk Pulihkan UMKM Pasca-gempa - JPNN.COM
Tenaga marketing mikro perempuan yakni Mantri BRI bernama Usra yang bertugas sebagai Mantri di Mamuju. Foto: BRI

jpnn.com, MAMUJU - Tantangan pasti selalu ada dan dihadapi para pekerja di manapun mereka berada. Tetapi, skala tantangan yang dirasakan setiap pekerja bisa berbeda-beda. Beragam tantangan yang harus dihadapi para pekerja kerap dipengaruhi oleh faktor lokasi mereka bekerja.

Para pekerja di kota misalnya, belum tentu menghadapi masalah dan tantangan seperti karyawan di daerah plosok atau desa, begitu pula sebaliknya.

Hal itu yang dirasakan oleh tenaga marketing mikro perempuan yakni Mantri BRI bernama Usra. Bertugas sebagai Mantri di Mamuju, banyak tantangan yang harus dihadapi perempuan berusia 29 tahun itu.

Bagi dia, berat atau ringannya rintangan dan tantangan harus dihadapi para pekerja dengan profesional dan sebaik mungkin. Tak jarang faktor semangat memegang peran penting bagi berhasil atau tidaknya seseorang melewati ujian dan tantangan yang dihadapi.

Usra ialah Mantri BRI yang selama 1,6 tahun terakhir bertugas di Mamuju, Sulawesi Barat. Berbagai gangguan yang ditemui mulai dari terbatasnya infrastruktur hingga bencana alam yang kerap melanda.

Saat awal menjalani tugas sebagai Mantri BRI, Usra kerap kesulitan menempuh medan sulit untuk menjangkau rumah-rumah penduduk dan calon nasabah di Mamuju dan sekitarnya.

Kesulitan ini bertambah karena Usra buta arah dan alamat, sehingga harus mengandalkan keberanian untuk menempuh jalan dan daerah yang asing baginya.

“Waktu pertama kali saya jadi mantri, saya survei ke rumah nasabah dan ke kebunnya jalurnya itu melalui sungai dan gunung. Sebagai perempuan awalnya terlihat berat, tapi lama-kelamaan jadi tahu juga bagaimana keluarga nasabah,” ujar Usra.

Tenaga marketing mikro perempuan yakni Mantri BRI bernama Usra. Bertugas sebagai Mantri di Mamuju, banyak tantangan yang harus dihadapi perempuan berusia 29 tahun itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close