Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kisah Sukses Gibran Membangun Ngarsopuro dan Gatot Subroto di Solo

Oleh: Hungri Somi Julta

Minggu, 14 Januari 2024 – 13:17 WIB
Kisah Sukses Gibran Membangun Ngarsopuro dan Gatot Subroto di Solo - JPNN.COM
Hungri Somi Julta menilai revitalisasi dua kawasan ikonik, Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto adalah bukti kesuksesan Gibran Rakabuming Raka memimpin Solo. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com - Kota Solo, tempat lahirnya banyak kisah sejarah dan budaya, kini menemukan babak baru dalam perjalanannya melalui sentuhan inovatif Wali Kota Gibran Rakabuming.

Dalam kepemimpinannya, Solo telah menjadi panggung bagi transformasi luar biasa, khususnya dalam revitalisasi dua kawasan ikonik: Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto.

Ngarsopuro, yang dulunya dikenal sebagai pusat pasar malam tradisional, menjadi saksi perubahan dramatis di bawah kepemimpinan Gibran.

Wali kota muda itu membawa visi untuk mengubahnya menjadi pusat industri kreatif, yang tak hanya mempercantik tampilan fisiknya, tetapi juga menghidupkan kembali roh dan semangat kreativitas tempat tersebut.

Pertama-tama, Gibran merancang konsep Night Market Ngarsopuro, yang diadakan tiap Sabtu malam di Jalan Diponegoro.

Dengan panjang 390 meter, Ngarsopuro bukan lagi hanya tempat bisnis dan jajanan malam biasa, melainkan juga panggung bagi pelaku UMKM untuk menunjukkan karya-karya mereka.

Pelaku UMKM melaporkan lonjakan omzet yang signifikan, yakni mencapai jutaan rupiah dalam semalam.

Singkatnya, Night Market tidak hanya menjadi pusat ekonomi baru, tetapi juga meramaikan kehidupan malam dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati hiburan dan kuliner lokal.

Di bawah Gibran, Solo telah menjadi panggung bagi transformasi luar biasa, khususnya dalam revitalisasi dua kawasan ikonik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close