Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KKB Klaim Tembak Mati 5 Anggota TNI, Mayjen Ignatius Bereaksi Begini, Tegas

Jumat, 26 Maret 2021 – 23:38 WIB
KKB Klaim Tembak Mati 5 Anggota TNI, Mayjen Ignatius Bereaksi Begini, Tegas - JPNN.COM
Ilustrasi - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Foto: Penerangan Kogabwilhan III

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali membuat hoaks. Mereka mengeklaim telah menembak mati lima orang prajurit TNI di sekitar sungai Bomid, Kabupaten Nduga, Papua pada Selasa (23/3/2021).

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono langsung bereaksi atas klaim KKB. Dia memastikan kabar yang beredar di medsos menyebut prajurit TNI AD tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga tidak benar alias hoaks.

“Tidak ada prajurit TNI termasuk dari Yonif 700/WYC yang terluka atau tewas di Nduga seperti beredar di media sosial. Itu hoaks,” tegas Mayjen Ignatius di Jayapura, Kamis (25/3).

Menurut Ignatius, KKB sengaja membuat berita hoaks untuk menyudutkan pemerintah dan aparat keamanan (TNI-Polri).

KKB, menurut Ignatius, sengaja memutarbalikkan fakta di lapangan dengan menyebar berita bohong.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa pada awal Maret lalu, mengungkap secara garis besar KKB mempunyai tiga sayap gerakan. Yakni sayap politik, klandestin, dan bersenjata.

“Tiga sayap gerakan ini memanfaatkan medsos untuk saling berkomunikasi, merencanakan aksi dan menyebarkan berita bohong untuk membentuk opini buruk tentang pemerintah Indonesia termasuk TNI-Polri terkait masalah Papua melalui berbagai platform medsos,” ujar Suriastawa.

Menurut Suriastawa, KKB menghembuskan berita hoaks di media sosial sebagai trik untuk menciptakan opini bahwa Papua selalu dalam kondisi mencekam. Hal ini sudah berulang kali terjadi.

Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bereaksi tegas soal klaim KKB telah menembak mati lima prajurit TNI AD di Nduga, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close