Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KKN 2 Kampus Ini Berhasil Mengubah Limbah jadi Energi

Senin, 04 September 2023 – 13:14 WIB
KKN 2 Kampus Ini Berhasil Mengubah Limbah jadi Energi - JPNN.COM
Unika Atma Jaya dan Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bekerja sama dengan warga Dusun Cigadog, Desa Ponggang membangun biodigester. Foto: dok Unika Atma Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) dan Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bekerja sama dengan warga Dusun Cigadog, Desa Ponggang, Subang, membangun biodigester.

Biodigester adalah salah satu ekosistem untuk menghasilkan biogas yang menjadi energi alternatif yang terbarukan dan ramah lingkungan.

Adapun program itu dibimbing oleh Bapak Daru Seto Bagus Anugrah, S.Si., M.Eng. (Unika Atma Jaya), Ibu Ir. Dra. Enny Widawati, M.T., IPM. (Unika Atma Jaya), dan Bapak Dr. Ir. Usman Wijaya, S.T., M.T., IPM. (UKRIDA), proyek ini menerima pendanaan dari hibah Pengabdian kepada Masyarakat, skema Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Kemendikbudristek 2023.

Ketua tim penerima dana hibah Pengabdian kepada Masyarakat dari Kemendikbudristek Daru Seto Bagus Anugrah, S.Si, M.Eng. menyampaikan biodigester tidak hanya mengatasi masalah limbah peternakan sapi yang selama ini kurang terkelola di Desa Ponggang, tetapi juga memberikan alternatif energi yang ramah lingkungan bagi warga.

"Setelah melalui proses panjang, biogas telah dipersiapkan secara optimal sebelum menjadi sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan,” ungkap Daru dalam keterangannya yang dikutip Jakarta, Senin (4/9).

Selain menghasilkan biogas, biodigester juga menghasilkan hasil samping berupa pupuk organik berkualitas, yang mendukung pertanian dan perekonomian berkelanjutan di Desa Ponggang.

Proses pengomposan dalam biodigester juga berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, menjadikannya salah satu langkah konkret dalam upaya mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal.

“Ke depannya Unika Atma Jaya akan terus mengembangkan program pengabdian dan kepedulian yang bermanfaat bagi masyarakat bersama mahasiswa. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian perguruan tinggi terhadap lingkungan, dan masyarakat,” tambah Daru Seto.

Unika Atma Jaya dan Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bekerja sama dengan warga Dusun Cigadog, Desa Ponggang membangun biodigester.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close