Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Klaster Gowa Dominasi Tambahan Positif Corona di Jember

Senin, 18 Mei 2020 – 13:29 WIB
Klaster Gowa Dominasi Tambahan Positif Corona di Jember - JPNN.COM
Ilustrasi swab test COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Tambahan pasien terkonfirmasi positif Corona (COVID-19) di Kabupaten Jember, Jawa Timur sebanyak enam orang didominasi dari klaster jemaah tablig Gowa, Sulawesi Selatan.

"Ada enam tambahan pasien positif COVID-19 pada 17 Mei 2020, sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif di Jember sebanyak 24 orang," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Jember Gatot Triyono, Senin (18/5).

Menurutnya, kasus ke-19 terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan warga Desa Balung Lor, Kecamatan Balung dengan riwayat bepergian ke Malaysia dengan status awal orang dengan risiko (ODR), namun status akhir terkonfirmasi positif.

"Rapid test pertama hasilnya negatif pada 18 April 2020, kemudian pada 30 April 2020 dilakukan rapid test kedua yang hasilnya positif dan rapid test ketiga diilakukan pada 12 Mei 2020 hasilnya positif," katanya.

Pada tanggal 4 dan 5 Mei 2020, pasien yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab dan hasilnya keluar pada 17 Mei 2020 yang dinyatakan terkonfirmasi positif.

Pada kasus ke-20 terkonfirmasi positif berjenis kelamin laki-laki yang merupakan warga Kecamatan Ambulu yang tinggal di Kecamatan Sumbersari dengan riwayat perjalanan mengikuti Ijtima Ulama ke Gowa, Sulsel dengan status awal orang tanpa gejala (OTG).

"Empat orang klaster Gowa tercatat kasus ke-20, ke-21, ke-22, dan ke-23 yang terkonfirmasi positif, sehingga tambahan pasien terkonfirmasi positif didominasi oleh klaster Gowa," tuturnya.

Sedangkan kasus ke-24 terkonfirmasi positif merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang memiliki keluhan mual, muntah, dan batuk, namun tidak memiliki riwayat perjalanan atau bepergian.

Tambahan pasien terkonfirmasi positif Corona di Jember sebanyak 6 orang didominasi dari klaster jemaah tablig Gowa, Sulsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close