Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Akan Bangun 179 Unit Kebun Bibit Desa dan Kebun Bibit Rakyat di DAS Solo dan DAS Serayu

Senin, 17 Februari 2020 – 02:35 WIB
KLHK Akan Bangun 179 Unit Kebun Bibit Desa dan Kebun Bibit Rakyat di DAS Solo dan DAS Serayu - JPNN.COM
Menteri LHK Siti mendampingi Presiden Joko Widodo saat mengunjungi masyarakat Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan kementerian yang dipimpinnya akan membangun 179 unit Kebun Bibit Desa dan Kebun Bibit Rakyat di DAS Solo dan DAS Serayu pada tahun 2020 ini.

“Pemerintah akan terus melakukan secara intensif upaya rehabilitasi lingkungan untuk makin mengurangi lahan kritis,” ujar Menteri Siti Nurbaya, Minggu (16/2).

Menteri Siti menegaskan keberhasilan upaya revitalisasi ini perlu didukung suplai bibit melalui Kebun Bibit Desa. Oleh karena itu, perlu rahabilitasi supaya selalu tersedia.

Di Desa Jatisari ini, dibangun Kebun Bibit Desa oleh kelompok Mulyo Jati, dengan kapasitas bibit 60.000 batang sehingga total ada 82.500 batang termasuk bibit yang telah ditanam masyarakat bersama Presiden RI.

Untuk jenisnya terdiri atas klengkeng (1.250 batang), durian (1.500 batang), alpukat (2.750 batang), petai (2.750 batang), sirsak (5.000 batang), jambu mete (5.000 batang), jengkol (2.000 batang), sengon laut (38.250 batang), sukun (1.000 batang), gayam (1.000 batang), beringin (1.000 batang), vetiver (17.000 batang) dan porang (4.000 batang).

Penjelasan Menteri KLHK Siti ini untuk menindaklanjuti apa yang diinginkan Presiden Joko Widodo saat mengunjungi masyarakat Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/).

Siti Nurbaya yang ikut mendampingi kunjungan Presiden ini untuk bersama-sama masyarakat melakukan rehabilitasi lahan dengan penanaman pohon dan tanaman vetiver guna mengatasi sedimentasi Dam (waduk) Gajah Mungkur.

Selain Menteri Siti Nurbaya, turut menyertai Presiden dalam kunjungan ini adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Fadjroel Rachman.

Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan kementerian yang dipimpinnya akan membangun 179 unit Kebun Bibit Desa dan Kebun Bibit Rakyat di DAS Solo dan DAS Serayu pada tahun 2020 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close