Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Beberkan Rencana Operasional Indonesia FOLU Net Sink 2030

Jumat, 27 Agustus 2021 – 19:55 WIB
KLHK Beberkan Rencana Operasional Indonesia FOLU Net Sink 2030 - JPNN.COM
KLHK menyatakan Indonesia berkomitmen tinggi untuk mengurangi emisi GRK melalui FOLU Net Sink 2030. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong menyatakan Indonesia berkomitmen tinggi untuk mengurangi emisi GRK.

Hal itu diungkapkannya pada saat telekonferensi bersama dengan awak media (27/8/2021).

Dia menerangkan bahwa sebagai negara yang rentan terhadap dampak buruk dari perubahan iklim dan berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca global.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 28H yang menyatakan bahwa negara harus menjamin kehidupan dan lingkungan yang layak bagi warga negaranya, yang kemudian mendasari komitmen Indonesia untuk perubahan iklim.

Wamen Alue Dohong kemudian menjelaskan untuk menjamin tercapainya tujuan Paris Agreement (PA) dalam menahan kenaikan suhu global, Keputusan 1/CP.21 Pasal 4 Ayat 19 memandatkan negara yang meratifikasi PA untuk menyusun rencana jangka panjang rendah karbon/Long Term Strategy (LTS).

Dalam hal ini, pemerintah Indonesia telah menetapkan Strategi Jangka Panjang Rendah Karbon dan Ketahanan Iklim melalui dokumen Long-Term Strategy for Low Carbon and Climate Resilience (LTS-LCCR) 2050.

Melalui visi yang disampaikan di dokumen LTS-LCCR, Indonesia akan meningkatkan ambisi pengurangan GRK melalui pencapaian puncak emisi GRK nasional 2030.

"Sektor sektor Forestry and Other Land Use (FoLU) sudah mencapai kondisi net sink, dengan capaian 540 Mton CO2e pada 2050, dan dengan mengeksplorasi peluang untuk mencapai progress lebih cepat menuju emisi net-sink dari seluruh sektor pada 2060," beber dia.

KLHK menyatakan Indonesia berkomitmen tinggi untuk mengurangi emisi GRK melalui FOLU Net Sink 2030

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close