Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK dan IPB Serah Terima Opsetan Satwa untuk Kepentingan Pendidikan

Rabu, 30 Oktober 2019 – 19:26 WIB
KLHK dan IPB Serah Terima Opsetan Satwa untuk Kepentingan Pendidikan - JPNN.COM
Penyerahan opsetan dari KLHK ke IPB. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehudan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan serah terima 32 opsetan atau awetan satwa yang dilindungi untuk pendidikan, riset, dan edukasi. Opsetan yang diserahterimakan merupakan hasil penyerahan sukarela dari masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan di Ruang Sidang Komodo, Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB, Rabu (30/10).

Serah terima ini dilaksanakan oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, berdasarkan surat persetujuan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem nomor: S.396./KSDAE/KKH/KSA.2/10/2018 tanggal 1 Oktober 2019 perihal Pemanfaatan TSL.

Dekan Fakultas Kehutanan IPB Dr. Rinekso Soekmadi menyampaikan bahwa IPB mengapresiasi penitipan opsetan satwa liar ini.

"Dahulu opsetan seperti ini biasanya dimusnahkan. Jangan sampai kita kehilangan dua kali, kehilangan satwa hidupnya dan kehilangan spesimennya. Ke depan kami akan membuat galeri konservasi, sehingga spesimen seperti ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran,” ujar Rinekso.

Sementara itu, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, KLHK, drh. Indra Exploitasia menyebut bahwa memiliki opsetan satwa dilindungi adalah melanggar hukum, diimbau kepada masyarakat yang masih memiliki opsetan satwa dilindungi agar menyerahkan ke BKSDA setempat.

“Semoga ke depan opsetan ini bisa dimanfaatkan oleh Fakultas Kehutanan IPB sebagai media belajar mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB," sebut Indra.

Indra berharap spesimen ini bisa dimanfaatkan untuk studi genetis. "Jangan sampai kehilangan sumber daya genetis yang sangat luar biasa ini. Saya juga berharap IPB bisa memberikan kontribusi nyata terhadap upaya konservasi yang telah dilakukan oleh KLHK,” tambah Indra.

Diimbau kepada masyarakat yang masih memiliki opsetan satwa dilindungi agar menyerahkan ke BKSDA setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close