Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Kirim Pasukan Manggala Agni Atasi Karhutla di Aceh

Senin, 16 Maret 2020 – 19:49 WIB
KLHK Kirim Pasukan Manggala Agni Atasi Karhutla di Aceh - JPNN.COM
Pemadaman titik api oleh Manggala Agni. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menindaklanjuti munculnya titik api di Provinsi Aceh dengan mengirimkan satu regu Manggala Agni Sumatera I Daops Sibolangit.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Basar Manullang mengatakan, satu regu Manggala Agni sudah diberangkatkan menuju Aceh Jaya dari Sibolangit, Sumatera Utara pada 14 Maret.

“Satu regu yang diberangkatkan sudah dilengkapi dengan kendaraan operasional dan peralatan yang dibutuhkan,” kata Basar kepada wartawan, Senin (16/3).

Menurut dia, lahan  yang terbakar di Aceh ini didominasi tanah gambut yang butuh waktu untuk mendeteksi letak titik apinya.

Selain itu, sampai dengan saat ini petugas gabungan TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Dinas Kehutanan Provinsi Aceh, serta para pihak masih berusaha untuk menjinakan api.

Kendala yang dihadapi adalah lokasi tidak dapat dijangkau armada pemadam dan sumber air yang lokasinya jauh.

Dari pemantauan Satelit Terra Aqua (Lapan), pada tanggal 1 Januari–11 Maret 2020 total hotspot yang terpantau di Aceh sebanyak 11 titik.

Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2019 sebanyak empat titik. Kabupaten dengan hotspot tertinggi adalah Gayolues (7), Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Selatan, dan Aceh Tenggara masing-masing satu.

Dari pemantauan Lapan, pada tanggal 1 Januari–11 Maret 2020 total hotspot karhutla yang terpantau di Aceh sebanyak 11 titik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close