Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Soal Kualitas Udara Jakarta: Masih Terbilang Aman dan Sehat

Jumat, 05 Juli 2019 – 22:40 WIB
KLHK Soal Kualitas Udara Jakarta: Masih Terbilang Aman dan Sehat - JPNN.COM
KLHK menyebut kualitas udara Jakarta masih terbilang aman dan sehat. Foto: indopos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Karliansyah menerangkan, kualitas udara di Jakarta sebenarnya masih terbilang sehat.

Dia menyampaikan hal ini setelah melihat hasil riset KLHK pada kurun waktu 1 Januari hingga 30 Juni 2019. Dari riset itu disimpulkan, kualitas udara di DKI Jakarta masih terbilang bagus dan sehat.

“Rata-rata partikulat debu yang melayang atau yang secara ilmiah dikenal dengan istilah PM 2,5 masih berada di angka 31,49 nanometer kubik,” beber dia di KLHK, Jakarta, Jumat (5/7).

BACA JUGA: Mantan Bupati Pakpak Bharat Dituntut 8 Tahun Penjara dan Hak Politik Dicabut

Menurut dia, apabila dibandingkan Baku Mutu Udara Ambien Nasional yaitu 65 nanometer kubik, maka kualitas udara Jakarta masih bagus atau sehat.

Selain itu, angka tersebut juga masih terbilang aman dari standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO), yakni 25 nanometer kubik.

Dia lantas menerangkan, guna mengetahui bagus tidaknya kualitas udara di wilayah perkotaan, diperlukan metode yang terukur dan baku untuk mengetahui sejauh mana udara tersebut telah tercemar.

"Instrumen yang dipakai harus pada posisi statis. Artinya tidak bergerak dan memang alat yang dirancang untuk pemantauan kualitas udara di luar ruangan. Kemudian tinggi dari permukaan tanah harus tiga meter. Lalu jaraknya harus 20 meter dan harus dikalibrasi rutin,” urai dia.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Karliansyah menerangkan, kualitas udara di Jakarta sebenarnya masih terbilang sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close