Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KNPK Minta Pemerintah tak Menekan IHT dengan Kenaikan Cukai

Senin, 26 Oktober 2020 – 16:39 WIB
KNPK Minta Pemerintah tak Menekan IHT dengan Kenaikan Cukai - JPNN.COM
Petani Tembakau. Foto: Radar Madura

jpnn.com, JAKARTA - Wacana kenaikan tarif cukai 2021 mendapatkan banyak penolakan dari sejumlah kalangan, tak terkecuali dari Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK).

Penolakan ini dilakukan merespon informasi yang beredar mengenai rencana pemerintah yang akan menaikkan tarif cukai rokok sebesar 17–19 persen.

Koordinator KNPK Azami Mohammad menilai rencana ini akan memberikan dampak negatif bagi pelaku usaha di sektor IHT.

Pemerintah diminta tidak menaikkan tarif cukai rokok pada 2021 dan mempertimbangkan kondisi industri yang saat ini tertekan akibat tarif cukai yang terlalu tinggi tahun ini serta dampak pandemi COVID-19.

“Kondisi IHT saat ini sedang tertekan. Kenaikan tarif cukai sebesar 23% dan HJE sebesar 35% membuat rokok semakin tidak terjangkau oleh konsumen. Produksi dan volume penjualan menjadi turun. Ditambah COVID-19 memukul telak daya beli masyarakat. Ibarat jatuh tertimpa tangga pula,” ujar Azami.

Adapun sektor IHT yang paling rentan terdampak dalam setiap kebijakan pemerintah adalah petani dan buruh yang ada di sektor hulu.

Di mana tahun ini menjadi yang kelam bagi petani tembakau dan cengkeh, karena ada penurunan serapan bahan baku sebesar 30-40%. Penurunan serapan ini lagi-lagi dikarenakan penurunan volume produksi dari pabrikan.

Di sisi ketenagakerjaan, berdasarkan hasil survey dari para peneliti Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung memperlihatkan adanya PHK yang terjadi di Jawa Timur.

Pemerintah diminta tidak menaikkan tarif cukai rokok pada 2021 dan mempertimbangkan kondisi industri yang saat ini tertekan akibat dampak pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close