Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Koalisi Masyarakat Sipil Khawatir Revisi UU TNI Kembalikan Dwifungsi ABRI

Senin, 20 Mei 2024 – 07:13 WIB
Koalisi Masyarakat Sipil Khawatir Revisi UU TNI Kembalikan Dwifungsi ABRI - JPNN.COM
Gedung DPR RI. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah organisasi yang tergabung dalam koalisi masyarakat sipil kembali menyoroti kabar bakal bergulirnya pembahasan revisi UU TNI di DPR pada pekan ini.

Isu ini pun dibahas para aktivis dari Imparsial, Setara Institute, LBH Jakarta, KontraS, dan Walhi dalam sebuah diskusi bertajuk "Menyikapi Kembalinya Dwifungsi ABRI, Perluasan Kewenangan TNI, Isu Peradilan Militer dalam Pembahasan RUU TNI di DPR pada 22 Mei 2024".

Aktivis WALHI sekaligus penulis Critical Review RUU TNI Teo Reffelsen dalam diskusi itu mengatakan hingga kini pihaknya tidak mendapatkan naskah akademik dan draf rancangan undang-undang (RUU) tersebut.

Artinya, kata dia, proses pembahasan revisi undang-undang TNI berjalan secara tertutup. Akibatnya, dia hanya mengacu pada paparan yang pernah disampaikan pihak Babinkum TNI terkait pasal-pasal yang akan diubah di dalam UU TNI.

"Pembahasan revisi undang-undang TNI berjalan secara tidak akuntabel dan transparan," ujar Teo dalam diskusi yang disiarkan melalui akun Imparsial di YouTube, Minggu (19/5).

Menurut Teo, penambahan usia pensiun TNI akan menjadi beban persoalan baru bagi institusi militer itu, sehingga bakal memperparah problem surplus perwira tanpa jabatan.

"Pelibatan-pelibatan TNI dalam proyek pembangunan atau disebut dengan proyek strategis nasional (PSN) akan menempatkan TNI pada posisi yang berhadap-hadapan dengan masyarakat, seperti pembebasan lahan atau penanganan konflik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar," tuturnya.

Sementara itu, aktivis KontraS/Penulis Critical Review RUU TNI Andi M Rezaldy mengatakan reformasi TNI penting untuk dilanjutkan agar berbagai peristiwa pelanggaran HAM berat dan peristiwa pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang terjadi masa orde baru tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Koalisi masyarakat sipil khawatir revisi UU TNI yang akan berlangsung di DPR bakal mengembalikan Dwifungsi ABRI seperti era Orde Baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close