Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Koalisi Parpol Diharapkan Tak Bias ke Kabinet

Kamis, 16 April 2009 – 19:57 WIB
Koalisi Parpol Diharapkan Tak Bias ke Kabinet - JPNN.COM
JAKARTA - Anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Dasril Y Rangkuti berharap, koalisi partai politik menuju Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 hendaknya tidak bias pada rancangan kabinet yang akan dibentuk oleh presiden terpilih mendatang.

"Koalisi partai politik akan efektif dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia, jika koalisi tersebut secara konsisten ada di ranah politik yang bermarkas di DPR. Soal siapa-siapa yang akan duduk di kabinet, sesuai dengan konstitusi, serahkan saja kepada presiden terpilih. Sementara DPR cukup melaksanakan fungsi pengawasan," kata Dasril, di Jakarta, Kamis (16/4).

Dijelaskan Dasril, tingginya populasi elit parpol di kabinet sebagaimana yang telah terjadi 15 tahun belakangan, ternyata tidak mampu memperbaiki kinerja kabinet. Akibatnya, presiden yang mendapat amanah langsung dari rakyat harus menanggung resiko dari semua kelambanan tersebut. Secara empiris, lanjut Dasril, kehadiran para elit parpol di kabinet jika diukur dari sisi manfaat yang akan diperoleh oleh rakyat luas, sesungguhnya tidak signifikan.

"Hal itu terjadi karena elit parpol yang berada di kabinet tidak sepenuhnya bekerja untuk kepentingan rakyat, sebab elit parpol tersebut juga harus bekerja untuk membesarkan partainya masing-masing," imbuh Dasril, yang juga Ketua Umum DPP Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia itu.

JAKARTA - Anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Dasril Y Rangkuti berharap, koalisi partai politik menuju Pemilu Presiden (Pilpres) 2009

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA