Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Koin Emas 191 SM Ditemukan di Israel

Sabtu, 14 Agustus 2010 – 01:10 WIB
Koin Emas 191 SM Ditemukan di Israel - JPNN.COM
Koin emas yang ditemukan di wilayah Israel. Foto : AFP
YERUSALEM - Sebuah koin emas langka yang berusia lebih dari dua milenium dengan angka tahun 191 SM, ditemukan di sebuah lokasi penggalian di wilayah Israel utara. Otoritas Israel yang menangani benda antik mengungkapkan, koin yang ditemukan itu dalam kondisi baik.

"Koin ini sangat indah dan dalam kondisi yang sangat baik. Ini adalah koin emas terberat dengan dengan nilai kontemporer tertinggi dibandingkan koin-koin lain yang pernah ditemukan dalam ekskavasi di Israel," kata Dr Donald T. Ariel, kepala departemen benda antik dalam sebuah pernyataan, Rabu (13/8).

Dirincikannya, berat koin itu mencapai satu ons (27,71 gram). Sebelum penemuan ini, koin emas paling kuno yang pernah ditemukan beratnya hanya 4,5 gram.

Koin itu dicetak di Alexandria, Mesir, pada masa pemerintahan Ptolemeus V dan dinamai sesuai nama istri Ptolemeus II, Arsinoe Philadephus (II). Koin itu ditemukan oleh tim arkeolog Amerika dari Universitas Michigan dan Minnesota, di sebuah situs di Tel Kedesh yang berdekatan dengan perbatasan Lebanon.

YERUSALEM - Sebuah koin emas langka yang berusia lebih dari dua milenium dengan angka tahun 191 SM, ditemukan di sebuah lokasi penggalian di wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close