Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kolinlamil Ikuti Asistensi Penyusunan Renlibat Kotama Operasi TNI 2022

Sabtu, 13 Maret 2021 – 22:10 WIB
Kolinlamil Ikuti Asistensi Penyusunan Renlibat Kotama Operasi TNI 2022 - JPNN.COM
Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti rapat asistensi penyusunan renlibat Kotama Operasi TNI Terpusat tahun 2022 di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat (12/3). Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti rapat asistensi penyusunan rencana pelibatan (renlibat) Komando Utama (Kotama) Operasi TNI Terpusat tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat (12/3).

Kolinlamil yang diwakili Asisten Operasi (Asops) Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar dan Asisten Intelijen (Asintel) Kolonel Laut (P) Gunawan P Handoko ini mengikuti kegiatan asistensi penyusunan rencana pelibatan kontijensi kotama-kotama operasi TNI secara terpusat.

Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma Tedi Rizalihadi memimpin rapat tentang penyusunan masukan-masukan dari kotama-kotama operasi TNI sesuai kemampuannya kepada kotama kewilayahan terpusat lainnya atau Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) dalam menyusun rencana tindakan kontijensi (rentinkon).

Dalam kesempatan tersebut,  rapat koordinasi memutuskan rencana tindakan kontijensi (rentikon) Wilayah Kogabwilhan I akan dilaksanakan di Batam pada 17-19 Maret, Wilayah Kogabwilhan II dan III di Bali pada 24-26 Maret mendatang.

Pada forum yang menghadirkan Kostrad dan Kopassus dari TNI AD; Pushidros, Korps Marinir dan Kolinlamil dari TNI AL serta Korpaskhas dari TNI AU juga menghasilkan kesepakatan bahwa penyempurnaan format renlibat pada petunjuk referensi penyusunan masih bisa dipertimbangkan untuk disempurnakan.

Selain itu, koordinasi dan tukar informasi tidak dalam forum resmi saja, forum resmi dijadikan untuk pembahasan final.

Rencana pelibatan (renlibat) merupakan suatu dokumen pendukung yang disusun oleh kotama operasi TNI terpusat sebagai pedoman pelibatan atau perbantuan satuannya kepada kekuatan kewilayahan dan merupakan bagian sub lampiran rencana operasi (RO).

Selain juga sub lampiran rencana pelibatan pada dokumen rencana tindakan kontijensi yang disusun kotamaops TNI kewilayahan.

Waasops Panglima TNI Marsma Tedi Rizalihadi memimpin rapat tentang penyusunan masukan-masukan dari kotama-kotama operasi TNI sesuai kemampuannya kepada kotama kewilayahan terpusat lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close