Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komarudin Watubun PDIP Bakal Cecar Effendi Simbolon soal Prabowo Cocok Menakhodai RI

Sabtu, 08 Juli 2023 – 22:12 WIB
Komarudin Watubun PDIP Bakal Cecar Effendi Simbolon soal Prabowo Cocok Menakhodai RI - JPNN.COM
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon. Foto: dokumentasi JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) berencana memanggil kadernya, Effendi Simbolon, yang juga anggota DPR RI.

Pemicunya ialah langkah Effendi memberikan panggung kepada calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto pada acara Punguan Simbolon Dohot Boruna se-Indonesia (PSBI).

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, pada 21 April 2023 memutuskan mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Menurut Hasto, keputusan itu harus diikuti seluruh kader PDIP.

“Setelah 21 April ketika keputusan sudah diambil oleh Ketua Umum Partai Ibu Megawati Soekarnoputri, semua harus satu arah, mendukung Pak Ganjar Pranowo," kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta Pusat, Sabtu (8/7).

Hasto menegaskan PDIP menuntut kedisiplinan setiap kadernya. Oleh karena itu, kader PDIP yang tidak menaati keputusan maupun arahan Megawati akan dimintai pertanggungjawaban oleh dewan kehormatan partai berlambang kepala banteng tersebut.

“Dewan Kehormatan langsung secara otomatis, secara sistemis, menjalankan tugasnya sehingga kedisiplinan partai ini sesuatu yang sifatnya mutlak karena PDI Perjuangan adalah partai ideologi berdasarkan Pancasila dan keputusan sudah diambil sehingga seluruhnya wajib (ditaati kader,red),” kata Hasto,

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komarudin Watubun akan meminta Effendi Simbolon memberikan klarifikasi sesegera mungkin.

Dewan Kehormatan Partai PDIP akan meminta klarifikasi dari Effendi Simbolon yang menyebut capres Partai Gerindra Prabowo Subianto cocok menakhodai Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close