Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi III DPR Minta Kejagung Usut Tuntas Skandal Impor Emas Triliunan Rupiah

Selasa, 15 Juni 2021 – 09:11 WIB
Komisi III DPR Minta Kejagung Usut Tuntas Skandal Impor Emas Triliunan Rupiah - JPNN.COM
Ilustrasi emas batangan. ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger

jpnn.com, JAKARTA - Komisi III DPR meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut tuntas skandal impor emas senilai Rp 47,1 triliun melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan mengatakan potensi kerugian negara dalam kasus itu diduga Rp 2,9 triliun.

"Ini bukan uang kecil pada saat kita lagi susah," kata Arteria saat rapat kerja bersama Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6).

Politikus yang karib disapa Teri itu menjelaskan laporan direktur Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan bahwa importasi emas itu dikenakan bea masuk 0 persen. Seharusnya, kata dia, dikenakan bea masuk lima persen.

"Ini terkait impor emas senilai Rp 47,1 triliun. Ada indikasi ini perbuatan manipulasi pemalsuan, menginformasikan hal yang tidak benar, sehingga produk tidak dikenai bea impor. Produk tidak dikenai pajak penghasilan impor," kata dia.

Anggota Komisi III DPR Sarifuddin Sudding mengatakan dugaan penyelewengan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta itu modus baru. Menurut dia, jika biasanya pencucian uang kali ini pencucian emas.

"Saya minta ini ditindaklanjuti. Delapan perusahaan yang melakukan pencucian emas yang tercatat sama sekali tidak ada impor emas dari Singapura, tapi seakan-akan itu dilegalkan seakan akan ada impor. Saya kira ini ada modus baru lagi dalam kaitan menyangkut masalah pencucian emas ilegal seakan-akan ini dilegalkan," kata Sudding. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan meminta Kejagung mengusut tuntas skandal impor emas senilai Rp 47,1 triliun, yang diduga merugikan keuangan negara Rp 2,9 triliun.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close