Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komjen Rycko, Eks Ajudan SBY yang Dilantik Presiden Jokowi jadi Kepala BNPT

Senin, 03 April 2023 – 18:26 WIB
Komjen Rycko, Eks Ajudan SBY yang Dilantik Presiden Jokowi jadi Kepala BNPT - JPNN.COM
Komjen Pol. Rycko Amelza (kanan) dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4).

Mantan Kalemdiklat Polri itu dilantik menggantikan Kepala BNPT sebelumnya, Komjen Boy Rafli Amar.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu dan seterusnya, kedua mengangkat Saudara Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam pelantikan Rycko Amelza.

Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada waktu ditetapkan, yakni 3 April 2023.

Pelantikan Komjen Rycko Amelza berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Perwira tinggi Polri itu merupakan salah satu sosok berprestasi yang reputasinya mencuat usai tragedi Bom Bali II, sebuah peristiwa teror yang telah menggemparkan Indonesia dan dunia.

Rycko mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim Polri yang melumpuhkan teroris Dr. Azahari, sosok yang diduga kuat merupakan dalang di balik Bom Bali II beserta rangkaian peristiwa teror lainnya di tanah air.

Kala itu, Bareskrim Polri tak hanya berhasil melumpuhkan Dr. Azahari. Mereka juga berhasil melumpuhkan kelompok teror Azahari di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, pada 9 November 2005.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close