Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komnas Perempuan Tetap Dalami Dugaan Kekerasan Seksual Terhadap Putri Candrawathi

Jumat, 19 Agustus 2022 – 22:49 WIB
Komnas Perempuan Tetap Dalami Dugaan Kekerasan Seksual Terhadap Putri Candrawathi - JPNN.COM
Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo. Foto: Dok. Instagram Ketua Umum Bhayangkari

jpnn.com, JAKARTA - Komnas HAM dan Komnas Perempuan tetap melanjutkan proses pendalaman serta memintai keterangan istri Irjen  Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC), meski sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir J.

"Kami tetap sesuai rencana akan meminta keterangan Ibu PC (Putri Candrawathi) dan saat ini kami masih berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk memastikan tempat dan waktu," kata Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga dikutip dari Antara, Jumat (19/8).

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi mengatakan pihaknya akan meminta keterangan Putri apa pun statusnya, termasuk kaitannya dengan dugaan pelecehan seksual sebagaimana yang pernah dilaporkan Putri.

“Kami harus meminta keterangan dari Ibu PC dalam posisinya sebagai apa pun, baik dia sebagai saksi, sebagai tersangka atau pendalaman dari dugaan terjadinya kekerasan seksual. Jadi, itu tetap harus dilakukan," ujarnya.

Siti menjelaskan bahwa proses pemeriksaan yang dilakukan Komnas HAM dan Komnas Perempuan untuk melihat dugaan adanya pelanggaran HAM dalam kasus tersebut.

"Termasuk pelanggaran dalam proses hukum atau penegakan hukum kasus ini," ucapnya.

Sedangkan proses pemeriksaan yang dilakukan kepolisian, kata Siti, adalah memeriksa kasus ini pada konteks penegakan hukum untuk peradilan pidana.

Menurutnya, penetapan status tersangka terhadap Putri tidak lantas menghentikan proses pemeriksaan yang dilakukan Komnas HAM dan Komnas Perempuan.

Komnas Perempuan bakal tetap memeriksa Putri Candrawathi terkait kasus kekerasan seksual meski istri Ferdy Sambo itu sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close