Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kompetisi Sains Nasional 2020 Jenjang SMA Digelar secara Daring

Senin, 20 Juli 2020 – 18:14 WIB
Kompetisi Sains Nasional 2020 Jenjang SMA Digelar secara Daring - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang saat ini berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN), akan kembali digelar tahun ini.

Namun, karena masih dalam masa pandemi, KSN-Provinsi (KSN-P) tahun 2020 dilakukan secara daring.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asep Sukmayadi mengatakan, uji coba KSN-P secara daring dilaksanakan secara serentak dalam 2 tahap. Pertama, pada 20–21 Juli 2020. Kedua, pada 27-29 Juli 2020.

"Uji coba ini diharapkan dapat menjadi persiapan yang baik menuju pelaksanaan KSN-P yang akan diselenggarakan pada 10-14 Agustus 2020," kata Asep di Jakarta, Senin (20/7).

Uji coba KSN-P secara daring mempunyai prinsip-prinsip yang perlu diketahui oleh peserta. Prinsip-prinsip tersebut yaitu setiap peserta wajib mengikuti uji coba KSN-P.

Uji coba tidak menggugurkan keikutsertaan peserta. User-ID dan password adalah rahasia peserta.

Peserta wajib mengunggah surat pernyataan integritas dimulai pada saat pelaksanaan uji coba tahap ke-2 dan tetap berprestasi dari rumah.

"Hasil survei yang dilakukan Puspresnas, anak-anak Indonesia tetap mengharapkan ada KSN tingkat provinsi dan tingkat nasional. Mereka (terutama yang telah lolos ke tingkat provinsi) memiliki semangat pantang menyerah untuk beradaptasi dengan kondisi di mana mereka harus berada dan belajar dari rumah," terangnya.

Pemerintah daerah memiliki komitmen yang sama dengan Puspresnas untuk tetap melayani anak-anak berprestasi dengan melakukan inovasi penyelenggaran kompetisi secara daring, yang belum pernah dilakukan sebelumnya, bahkan untuk level internasional.

loading...