Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konferensi Tingkat Menteri G20 MCWE Angkat Tiga Isu Utama Perempuan

Minggu, 28 Agustus 2022 – 01:00 WIB
Konferensi Tingkat Menteri G20 MCWE Angkat Tiga Isu Utama Perempuan - JPNN.COM
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam kegiatan G20 MCWE. Foto: dok Iwapi

jpnn.com, BALI - Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan atau G20 Ministerial Conference on Women’s Empowerment/MCWE yang kedua sudah dilaksanakan pada 24 – 25 Agustus di Nusa Dua Bali.

G20 MCWE ini merupakan komitmen Indonesia untuk melanjutkan G20 MCWE yang pertama pada Presidensi G20 Italia 2021.

Penyelenggaraan MCWE 2022 dilatarbelakangi dampak yang menimpa kelompok perempuan akibat pandemi Covid-19 dan telah memengaruhi setiap aspek masyarakat.

Mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perdagangan internasional. Tantangan global lainnya tetap ada, termasuk perubahan iklim, pengangguran, kemiskinan, dan akses perempuan ke pembiayaan dan peningkatan kapasitas dan keahlian.

Pada saat yang sama terdapat kesenjangan dalam kapasitas negara-negara untuk mengatasi krisis yang terus berlanjut, termasuk dampak konflik geopolitik yang sedang berlangsung, terhadap perempuan dan anak-anak.

Berdasar kondisi tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menetapkan tema “Recover Together, Recover Stronger to Close Gender Gap” dengan tiga isu utama dampak yang menimpa kelompok perempuan akibat krisis pandemi Covid-19.

Pertama adalah Peduli Ekonomi (Care Economy) Pasca COVID-19, berfokus pada pekerjaan perawatan yang tidak dibayar dan peluang yang hilang di pasar tenaga kerja.

Kedua, menutup Kesenjangan Gender Digital, membahas partisipasi perempuan dalam ekonomi digital dan pekerjaan di masa depan.

G20 MCWE ini merupakan komitmen Indonesia untuk melanjutkan G20 MCWE yang pertama pada Presidensi G20 Italia 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close