Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konon Ada Benda Jatuh dari Langit ke Gunung Merapi, Begini Penjelasan BPPTKG

Jumat, 28 Mei 2021 – 23:42 WIB
Konon Ada Benda Jatuh dari Langit ke Gunung Merapi, Begini Penjelasan BPPTKG - JPNN.COM
Foto kilatan cahaya layaknya komet jatuh di puncak Gunung Merapi yang beredar di media sosial. ANTARA/HO-IG: @gunarto_song.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengatakan bahwa tidak ada benda yang jatuh di Gunung Merapi.

Pernyataan itu menyanggah foto kilatan cahaya layaknya komet jatuh di puncak Gunung Merapi.

"Berdasarkan data pemantauan, pada saat kejadian tidak ada sinyal kegempaan dan suara sehingga kami menyimpulkan tidak ada benda yang jatuh di sekitar Merapi," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat.

"Sampai saat ini, kejadian tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas Merapi."

Sebelumnya, beredar di media sosial unggahan foto yang ditengarai benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi.

Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, Hanik menyebutkan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) juga sempat merekam kilatan cahaya pada 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB itu.

Meski demikian, lanjut dia, tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

Hanik mengatakan salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi ialah melakukan mitigasi Gunung Merapi dan tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengatakan bahwa tidak ada benda yang jatuh di Gunung Merapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close