Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konon Ada Sesar Mataram di Yogyakarta, BMKG Gandeng UGM untuk Meneliti, Lihat Petanya

Rabu, 22 Februari 2023 – 10:23 WIB
Konon Ada Sesar Mataram di Yogyakarta, BMKG Gandeng UGM untuk Meneliti, Lihat Petanya - JPNN.COM
Tangkapan layar peta titik Sesar Mataram di wilayah DIY berdasarkan data pemutakhiran sesar aktif yang dilakukan BRIN (ANTARA/HO/BMKG Yogyakarta)

jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk meneliti keberadaan Sesar Mataram yang disebut aktif oleh peneliti BRIN.

Konon peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut sesar aktif tersebut berada di kedalaman bumi wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"BMKG bekerja sama dengan UGM dalam hal ini FMIPA, Fisika, dan Geofisika UGM bersama-sama dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) melakukan penelitian di daerah yang diduga (Sesar Mataram) dari hasil penelitian terdahulu," kata Staf Stasiun Geofisika Kelas I Sleman Ayu K. Ekarsti saat dihubungi di Yogyakarta, Selasa (21/2).

Tim BMKG bersama para peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM akan memantau kondisi di bawah permukaan tanah yang disebutkan peneliti dari BRIN dilintasi Sesar Mataram.

Ayu menerangkan metode penelitian BMKG tersebut di antaranya akan menggunakan kajian ilmu geofisika dengan seismograf sebagai alat ukurnya.

Nantinya mereka akan menganalisis untuk melihat bagaimana profil bawah permukaan tanah wilayah DIY. "Saat ini sedang proses penggodokan penentuan lokasi titik ukur," ucapnya.

Walakin, berdasarkan pendekatan data kegempaan, BMKG Yogyakarta selama ini belum menemukan adanya aktivitas gempa di lokasi sesar yang keberadaanya diklaim oleh peneliti BRIN.

Menurut Ayu, keberadaan sesar aktif seharusnya dapat diidentifikasi manakala daerah yang diduga dilintasi pernah terjadi gempa bumi.

BMKG menggandeng UGM guna meneliti keberadaan Sesar Mataram yang diklaim peneliti BRIN berada di Yogyakarta. Begini petanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close