Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konon Airlangga Sebut Perekonomian Indonesia Menyalip Korea Selatan

Rabu, 25 Agustus 2021 – 14:50 WIB
Konon Airlangga Sebut Perekonomian Indonesia Menyalip Korea Selatan - JPNN.COM
Menko Airlangga membeberkan bahwa perbaikan ekonomi Indonesia mampu menyalip Korea Selatan dan Vietnam. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan perbaikan perekonomian Indonesia mampu menyalip sejumlah negara, seperti Vietnam sampai Korea Selatan.

Menurut Airlangga hal itu ditunjukkan dari perbaikan yang dialami Indonesia pada kuartal II 2021.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen secara tahunan (yoy), tertinggi sejak era krisis subprime mortgage (penyebab krisis finansial global pada 2008), juga lebih tinggi dari negara-negara yang merilis angka pertumbuhan di kuartal II,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam HSBC Summit dipantau di Jakarta, Rabu (25/8).

Lebih lanjut Airlangga membandingkan tumbuhnya perekonomian Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel). Dia menyebut Korsel tumbuh 5,9 persen dan Vietnam yang tumbuh 6,6 persen di kuartal II 2021.

Airlangga menilai kunci utama dalam percepatan pemulihan ekonomi kuartal II 2021 adalah menekan laju penularan Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang pada kuartal II 2021 mencapai 5,9 persen (yoy),” ujar dia.

Selain itu Airlangga menyebutkan permintaan domestik juga terus meningkat karena kegiatan industri berangsur pulih dengan peningkatan kapasitas produksi.

Hal itu membuat investasi di kuartal II 2021 tumbuh 7,54 persen (yoy).

Menko Airlangga membeberkan bahwa perbaikan ekonomi Indonesia mampu menyalip Korea Selatan dan Vietnam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close