Konon Jokowi Bakal Tambah 6 Wamen Lagi, Buat Jatah Parpol?

Minggu, 10 November 2019 – 22:20 WIB
Konon Jokowi Bakal Tambah 6 Wamen Lagi, Buat Jatah Parpol? - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal menambah posisi wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Konon, Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebut jumlahnya ada enam lagi.

Namun, Jokowi hanya menjawab singkat saat ditanya siapa saja enam wakil menteri tersebut, termasuk apakah sudah ada surat keputusan terkait pengisian wamen tersebut.

"Belum. Belum," jawab Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Juru Bicara Presiden Fajroel Rachman saat dikonfirmasi mengenai penambahan enam wamen ini, mengatakan bahwa yang sudah diputuskan baru dua, yakni Wakil Panglima TNI dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Di luar itu seperti Pak Jokowi tadi katakan, belum dibicarakan. Jadi yang sudah terbit akan diproses secepatnya, dalam proses. Dua, ada Kemendikbud dan Wakil Panglima TNI," kata Fajroel.

Saat ditanya apakah penambahan wakil menteri ini untuk menampung para sukarelawan atau kader partai politik (parpol) pengusung? Fajroel menjawab diplomatis.

"Tidak ada diskusi mengenai hal tersebut, kami hanya mendiskusikan mengenai tugasnya saja. Kemudian nama-nama masih didalam pembicaraan," jawab pria yang juga komisaris utama di salah satu BUMN ini.

Lebih jauh, Fajroel menyebutkan bahwa Presiden Jokowi sebelumnya sudah menyampaikan permintaan maaf apabila belum bisa mengakomodasi sekitar 300 lebih nama yang diusulkan banyak pihak untuk masuk di KIM.

loading...