Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konon Mayoritas Warga Jatim Puas dengan Cara Pemprov Tangani Covid-19

Senin, 31 Agustus 2020 – 20:32 WIB
Konon Mayoritas Warga Jatim Puas dengan Cara Pemprov Tangani Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi tes virus corona. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indopol Survey and Consulting melakukan jajak pendapat tentang persepsi publik terhadap penanganan Covid-19 di Jawa Timur (Jatim).

Tujuan survei yang dilakukan pada 23-28 Juli 2020 itu ialah mengevaluasi kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim selama kurang lebih enam bulan sejak Covid-19 pertama menyebar di Indonesia.

Dari survei itu muncul terungkap 58 persen responden yang notabene masyarakat Jatim prihatin sekaligus waspada terhadap virus corona jenis baru yang kini wabah tersebut.

Selanjutnya ada 17 persen responden yang menilai Covid-19 telah menjadi penyebab kesengsaraan kehidupan mereka. Adapun 16,2 persen responden menilai pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah melebih-lebihkan fenomena Covid-19.

“Jumlah masyarakat yang menilai Covid-19 menjadi penyebab kesengsaraan dan dilebih-lebihkan ini cukup besar dan berimplikasi terhadap pola hidup mereka dalam menghadapi Covid-19,” kata Direktur Eksekutif Indopol Survei Ratno Sulistiyanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/8).

Meskipun begitu, lanjut dia, ada 75 persen responden yang menilai cara pemerintah dalam menangani orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), serta positif Covid-19 sudah cepat dan bagus. Hal itu berimplikasi pada tingkat kepuasan mereka terhadap kinerja pemerintah.

Ada 68,2 persen responden merasa puas dengan kinerja Pemprov Jatim dalam menangani Covid-19. Persentase terbesar terdapat di Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kota Mojokerto, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Madiun.

Sebaliknya, ketidakpuasan tertinggi terjadi di Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Pasuruan.

Indopol Survey and Consulting merilis hasil surveinya tentang persepsi warga Jatim terhadap kinerja pemerintah provinsi dalam menangani pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close