Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Korban Tewas Sudah 83 Orang

4.000-an Warga Wasior Eksodus

Kamis, 07 Oktober 2010 – 08:02 WIB
Korban Tewas Sudah 83 Orang - JPNN.COM
Awaludin (tanpa baju) bersama dengan 600-an korban bencana banjir bandang Wasior dievakuasi ke Manokwari dengan menggunakan KM Gracelia, Rabu (6/10). (Foto: Laode Murisdin/Radar Sorong)
MANOKWARI- Eksodus besar-besaran terjadi di Kabupaten Teluk Wondama pasca bencana  alam banjir bandang,Senin,4 Oktober lalu. Kondisi Wasior,ibukota Kabupaten Teluk  Wondama yang porak poranda dilanda bencana menimbulkan trauma mendalam bagi warganya. Pemerintah daerah mengerahkan empat kapal untuk mengangkut para pengungsi, yakni KM  Gracelia,KM Papua III,KRI Kalakay dan KM Delta Mas II. Selain itu juga ada warga berinisitif sendiri keluar daerah dari daerah bencana ke distrik terdekat seperti Oransbari,Ransiki dan lainnya.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial (Bangkesra) Setdakab Teluk Wondama, Yappi M Akwan,SH yang dikonfirmasi Radar Sorong,Rabu (6/10) menyebutkan,sekitar 4.000 warga Kabupaten Teluk Wondama telah mengungsi ke Manokwari dan sekitarnya.  ‘’Mereka berebutan naik kapal. Penumpang yang naik sudah melebihi kapasitas,’’ tukasnya Akwan.

KM Gracelia meninggalkan Wasior,Rabu (6/10) dini hari sekitar pukul 01.00 WIT membawa 600-an pengungsi. Petugas di pelabuhan sempat kewalahan  mengatur warga yang hendak mengungsi ke Manokwari. Sempat terjadi adu mulut dengan karena warga yang memaksakan diri ikut. Petugas lebih mendahulukan korban  luka berat untuk naik ke atas kapal lebih dahulu. Selain itu,karena penumpang melebihi kapasitas,sebagian besar hanya bisa berdiri hingga sampai di Manokwari.

Kedatangan KM Gracelia di pelabuhan Manokwari sekitar pukul 10.15 WIT kemarin  ditunggu-tunggu ratusan warga. Isak tangis dan rasa haru sanak keluarga  menyambut kedatangan para pengungsi.I ni wajar,karena sejak bencana banjir bandang,Senin lalu tak ada kabar karena jaringan komunikasi di Wasior terputus  total.

MANOKWARI- Eksodus besar-besaran terjadi di Kabupaten Teluk Wondama pasca bencana  alam banjir bandang,Senin,4 Oktober lalu. Kondisi Wasior,ibukota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA