Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kota Penyangga IKN, Balikpapan Nikmati Pertumbuhan Ekonomi

Jumat, 30 Agustus 2024 – 22:17 WIB
Kota Penyangga IKN, Balikpapan Nikmati Pertumbuhan Ekonomi - JPNN.COM
Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto dok SIG

jpnn.com, BALIKPAPAN - Seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), Balikpapan sebagai salah satu kota penyangga turut merasakan dampak ekonomi.

Pembangunan IKN membuat tingginya jumlah kunjungan masyarakat ke Balikpapan. Hal ini pun membuat sektor perdagangan dan jasa khususnya bidang perhotelan dan kuliner mulai tumbuh.

Seiring dengan hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan, Ani Mufaidah, mengungkapkan secara tidak langsung pembangunan IKN menjadi salah satu faktor peningkatan lowongan pekerjaan di Balikpapan, terutama di sektor perhotelan.

Hal ini seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berdampak pada peningkatan aktivitas ekonomi di Balikpapan.

"Dengan adanya IKN, hotel-hotel itu sampai kemarin penuh. Banyak yang berkunjung ke IKN, tapi kan hotelnya bukan di IKN. Tapi di Balikpapan," ujar Ani.

Ani menjelaskan meski tidak ada rekrutmen langsung untuk proyek IKN yang dilakukan melalui Disnaker, dampak pembangunan IKN sangat terasa di sektor perhotelan.

"Hotel-hotel yang dulu sempat mau kolaps di zaman COVID-19 itu sekarang sampai kekurangan orang. Kemarin kan hotel juga banyak buka job fair," tambahnya.

Disnaker Balikpapan sendiri mencatat data riil pencari kerja dan lowongan pekerjaan setiap bulannya.

Berkat IKN, kunjungan masyarakat ke Balikpapan meningkat. Hal ini pun membuat sektor perdagangan dan jasa khususnya bidang perhotelan dan kuliner mulai tumbuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA