Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kotak Kosong Menang, Pilkada Akan diulang Paling Lama 2 Tahun

Senin, 09 September 2024 – 20:37 WIB
Kotak Kosong Menang, Pilkada Akan diulang Paling Lama 2 Tahun - JPNN.COM
lustrasi - Kotak Suara. Arfianto Purbolaksono menyebut pilkada akan diulang paling lama dua tahun ke depan bila pada pada Pilkada 2024 kotak kosong menang. Foto ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Peluang kotak kosong maupun pasangan calon tunggal kepala daerah memenangi Pilkada 2024 sama-sama terbuka.

Bedanya, bila kotak kosong yang menang maka pilkada akan diulang.

Menurut Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) Arfianto Purbolaksono, pemilihan ulang paling lama dua tahun apabila kotak kosong menang di banyak wilayah.

Hal ini untuk mempersiapkan administrasi, logistik, sumber daya manusia (SDM) petugas pemilihan umum, serta agar dapat memberikan kesempatan bagi kesiapan calon perseorangan dan kandidat dari partai politik.

"Bagi partai politik maupun koalisi partai, jika sampai kotak kosong yang menang, akan menjadi tamparan tersendiri. Oleh karena itu, penting bagi partai melakukan evaluasi, bahkan reformasi di internal partai politik untuk membenahi rekrutmen politiknya," ujar Arfianto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/9).

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdapat 41 daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon atau calon tunggal pada Pilkada 2024.

KPU menyebutkan 41 daerah itu terdiri atas 1 provinsi, 35 kabupaten dan 5 kota.

Sebelumnya, KPU RI membuka opsi untuk menggelar pilkada ulang di akhir 2025 apabila banyak wilayah dengan peserta calon tunggal dimenangkan kotak kosong dalam Pilkada 2024.

Arfianto Purbolaksono menyebut pilkada akan diulang paling lama dua tahun ke depan bila pada pada Pilkada 2024 kotak kosong menang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA