Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Didesak Proses Bupati SBT

Rabu, 13 Februari 2013 – 19:42 WIB
KPK Didesak Proses Bupati SBT - JPNN.COM
Massa KOMITs yang mendesak KPK untuk memproses dugaan korupsi yang diduga dilakukan oleh Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, Abdullah Vanath. Getty Images
JAKARTA – Koalisi Masyarakat untuk Indonesia Transparans (KOMITs) kembali mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/2). Kehadiran aktivis KOMITs ini meminta KPK segera memproses dugaan korupsi oleh Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, Abdullah Vanath.

Juru bicara KOMITs Tommy DJ mengatakan banyak dugaan penyimpangan dan kasus korupsi yang dilakukan Bupati SBT Abdullah Vanath. Dugaan korupsi ini sudah dilaporkan ke KPK. Namun hingga saat ini, KPK tidak menindaklanjuti laporan-laporan tersebut. Terbukti, hingga kini kader Partai Demokrat tersebut masih aktif menjabat sebagai bupati dan seolah kebal hukum.

”Karena alasan itu, kami (KOMITs) meminta KPK lebih tegas menindaklanjuti laporan-laporan masyarakat yang masuk. Jangan hanya kasus-kasus popular saja yang diproses,” pinta Tommy di sela-sela aksinya di gedung KPK.

Abdullah Vanath, lanjut Tommy, diduga terlibat dalam kasus korupsi dan gratifikasi sejumlah proyek APBD. Dugaan korupsi Vanath diduga bersumber dari penggunaan kas daerah dan gratifikasi sejumlah proyek APBD yang diberikan sejumlah rekanan di daerah itu. Dugaan tindak pidana korupsi Vanath antara lain penggunaan dana blokir senilai Rp 4.138.598.887 dari total dana blokir  Rp 12.084.742.669 (APBD 2006) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh Bagian Keuangan Sekretariat Daerah.

JAKARTA – Koalisi Masyarakat untuk Indonesia Transparans (KOMITs) kembali mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Rasuna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close