Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Perpanjang Masa Penahanan SYL

Jumat, 03 November 2023 – 13:44 WIB
KPK Perpanjang Masa Penahanan SYL - JPNN.COM
Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Masa penahanan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diperpanjang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keterangan dan pengumpulan barang bukti terkait penyidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) dianggap masih perlu dilakukan oleh KPK.

"Dengan masih berprosesnya pengumpulan alat bukti dalam perkara tersangka SYL dan kawan-kawan, tim penyidik telah memperpanjang masa penahanan untuk masing-masing selama 40 hari ke depan di Rutan KPK," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (3/11).

Ali menerangkan untuk tersangka Syahrul Yasin Limpo dan tersangka Muhammad Hatta (MH), perpanjangan penahanan dilakukan sampai dengan 11 Desember 2023.

Sementara itu, untuk tersangka Kasdi Subagyono (KS) dilakukan perpanjangan penahanan sampai dengan 9 Desember 2023.

Syahrul secara resmi ditahan KPK pada 13 Oktober 2023 bersama dengan Muhammad Hatta, selaku direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di kementerian tersebut.

Perkara dugaan korupsi yang menjerat Syahrul itu bermula saat yang bersangkutan menjabat sebagai mentan periode 2019 sampai dengan 2024.

Dengan jabatannya, Syahrul membuat kebijakan secara personal, di antaranya melakukan pungutan hingga menerima setoran dari aparatur sipil negara (ASN) Kementan untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarganya.

SYL secara resmi ditahan KPK pada 13 Oktober 2023 bersama dengan Muhammad Hatta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close