Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Jambi Mulai Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

Jumat, 05 April 2024 – 22:59 WIB
KPU Jambi Mulai Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 - JPNN.COM
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAMBI - KPU Provinsi Jambi menyosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Tahapan pilkada serentak telah dimulai sejak Januari 2024 dengan perencanaan program dan anggaran dan segera memasuki tahapan pembentukan badan ad hoc, seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Untuk tahapan telah dimulai sejak Januari 2024 lalu dan kini masuk pada tahapan perencanaan program dan anggaran dan kemudian tahapan yang akan segera berjalan yakni pembentukan badan ad hoc yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS)," ujar anggota KPU Provinsi Jambi Edison dikutip dari Antara, Jumat.

Rekrutmen PPK dan PPS penyelenggara ad hoc akan dimulai pada 17 April nanti di mana akan ada dua skema yakni evaluasi PPK yang lama untuk digunakan lagi dalam pilkada dan yang kedua yakni rekrut ulang karena masa kerja penyelenggara yang lama memang sudah habis.

"Sedangkan untuk teknisnya masih menunggu petunjuk KPU RI," ungkap Edison mantan anggota KPU Kabupaten Muarojambi itu.

Sementara anggota KPU Provinsi Jambi lainnya Fahrul Rozi menambahkan, bahwa KPU RI sudah meluncurkan pilkada serentak di Yogyakarta dan sekarang sudah 237 hari lagi menuju Pilkada serentak pada Rabu 27 November 2024,.

Dia menjelaskan seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Jambi akan melakukan pilkada.

Pada pilkada serentak nanti diperkirakan akan ada sekitar 8.000 TPS dengan maksimal jumlah satu TPS sebanyak 800 pemilih, tetapi masih menunggu penyandingan DP4 dan DPT.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jambi mulai menyosialisasikan tahapan Pilkada serentak pada 2024.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close