Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Kirim Pengawas Pilpres LN di Tiga Negara

Sabtu, 05 Juli 2014 – 08:19 WIB
KPU Kirim Pengawas Pilpres LN di Tiga Negara - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperketat pengawasan proses pemilu presiden (Pilpres) 2014 di luar negeri (LN). Rencananya, penyelenggara pemilu itu bakal mengirimkan sekitar tiga pengawas ke negara yang diprediksi paling tinggi potensi masalahnya. Yakni, Hongkong, Malaysia, dan Singapura.

Komisioner KPU Arief Budiman menjelaskan, pihaknya memang bakal mengirim pengawas ke tiga negara tersebut. Hal itu dilakukan karena ketiga negara ini memiliki WNI yang paling banyak, sehingga potensi masalahnya juga tinggi. "Kami sedang persiapkan," ujarnya.

Pengawas ini merupakan salah satu cara agar KPU tidak hanya mengandalkan laporan dari panitia pemilu luar negeri (PPLN).

"Tapi, karena jumlah tenaga terbatas kemungkinan hanya tiga negara saja," ujarnya ditemui di kantor KPU kemarin.

Untuk proses pemilu luar negeri yang berlangsung mulai kemarin (4/7), belum ada kendala berarti yang diterima KPU. Dia mengatakan, pada hari pertama pilpres luar negeri kebanyakan yang mulai nyoblos itu negara-negara di Timur Tengah. "Hingga siang ini (kemarin) belum ada laporan masalah," terangnya.

Terkait adanya informasi pelanggaran pada pilpres luar negeri, seperti curi start pemilu. Dia mengatakan, kasus tersebut sama sekali tidak ada. "Kami telah berupaya untuk mencari informasinya dan ternyata tidak benar," ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menjelaskan, kalau memang ada masalah dalam proses peilpres luar negeri, pasti diketahui KPU. Kemungkiann pencoblosan itu dengan yang sistem drop box, bukan pencoblosan seperti biasa. "Kalau drop box dengan didatangi satu-satu mungkin saja," ujarnya.

Walau begitu, dia menyarankan agar temuan tersebut dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sehingga, pemeriksaan bisa dilakukan pengawas penyelenggaraan pemilu tersebut. "Kami tidak memiliki kewenangan itu," tuturnya.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperketat pengawasan proses pemilu presiden (Pilpres) 2014 di luar negeri (LN). Rencananya, penyelenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA