Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU NTT Luncurkan Gerakan Ramah Pemilih Disabilitas untuk Sukseskan Pemilu 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 – 08:12 WIB
KPU NTT Luncurkan Gerakan Ramah Pemilih Disabilitas untuk Sukseskan Pemilu 2024 - JPNN.COM
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Dohu Foto: ANTARA/Benny Jahang

jpnn.com, KUPANG - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan gerakan ramah pemilih disabilitas selama Oktober 2023 sebagai salah satu bagian untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Dohu saat peluncuran gerakan ramah pemilih disabilitas di Kupang, Rabu (4/10), mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu langkah KPU untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Dia menjelaskan gerakan ramah pemilih disabilitas dilakukan sebagai bentuk komitmen penyelenggara pemilu di NTT untuk ramah terhadap kaum disabilitas, ramah dalam berkomunikasi, serta ramah dalam mengajak pemilih disabilitas datang ke tempat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Jumlah pemilih disabilitas di Provinsi NTT tercatat 46. 251 orang dari total 4.008.475 pemilih yang berhak memberikan suara.

Menurut Thomas, sebanyak 46.251 orang pemilih disabilitas itu terdiri atas enam jenis disabilitas, di antaranya tuna rungu, tuna netra, wicara, dan disabilitas sensorik.

Dia menjelaskan gerakan ramah pemilih disabilitas dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah para pemilih disabilitas untuk memastikan mereka sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap.

Dalam rangka gerakan ramah disabilitas, panitia pemungutan suara yang ada di setiap desa atau kelurahan akan mendatangi rumah-rumah untuk menemui pemilih disabilitas guna berdiskusi tentang kepemiluan, termasuk untuk mengetahui kebutuhan kaum disabilitas guna memudahkan saat pemungutan suara berlangsung.

"Kami juga akan melakukan diskusi tentang bagaimana pelayanan kepada pemilih disabilitas saat berlangsungnya pemungutan suara pada 14 Februari 2024," kata Thomas Dohu.

KPU NTT menggelar kegiatan gerakan ramah pemilih disabilitas selama Oktober 2023 sebagai salah satu bagian untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close