Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Tak Bisa Anulir Kemenangan Tersangka

Kamis, 05 Agustus 2010 – 01:50 WIB
KPU Tak Bisa Anulir Kemenangan Tersangka - JPNN.COM
JAKARTA - Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Kprupsi (KPK), ternyata memenangi Pilwako Tomohon yang digelar 3 Agustus lalu. Meski berstatus tersangka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan mempersoalkan proses usulan pengesahan dan pelantikannya.

Menurut anggota KPU, Syamsulbahri, tidak masalah jika kepala daerah terpilih berstatus tersangka sepanjang tidak ada gugatan dari pasangan calon lainnya. "Status tersangka tidak akan mempengaruhi keputusan KPU dalam penetapan Jefferson sebagai walikota terpilih, asalkan tidak ada gugatan ya," kata Syamsul kepada JPNN, Rabu (4/8).

Seperti diketahui, Jefferson yang masih menjabat walikota Tomohon telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi APBD Tomohon tahun anggaran 2006-2008 yang diduga merugikan keuangan negara hingga Rp 19,8 miliar. Namun menurut Syamsul, KPU tetap memegang asa praduga tak bersalah.

"Kecuali kalau sudah ada keputusan tetap yang menyatakan Jefferson bersalah dan dijatuhkan hukuman pidana, penetapannya bisa dianulir," jelasnya.

JAKARTA - Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Kprupsi (KPK), ternyata memenangi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA