Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kreatif, Pastor di Polandia Tetap Menerima Pengakuan Dosa di Tengah Wabah Virus Corona

Rabu, 08 April 2020 – 19:05 WIB
Kreatif, Pastor di Polandia Tetap Menerima Pengakuan Dosa di Tengah Wabah Virus Corona - JPNN.COM
Wabah virus corona tak menghentikan seorang pastor di Warsawa, Polandia, menerima pengakuan dosa dari jemaatnya. Foto: REUTERS/BRIAN SNYDER

jpnn.com, WARSAWA - Wabah virus corona tak menghentikan seorang pastor di Warsawa, Polandia, menerima pengakuan dosa dari jemaatnya. Dia membuat sistem drive-in di halaman gereja sehingga bisa memberi pelayanan sambil tetap mempraktikkan social distancing.

Romo Mateusz Kielarski duduk di sebuah kursi dan mengenakan masker bedah, mendengarkan pengakuan dosa para jemaat dan mendoakan mereka agar mendapat pengampunan. Selama proses itu berlangsung, para jemaat tetap berada dalam mobil.

"Dari dalam mobilnya yang aman, mereka dapat merawat jiwanya selagi melindungi tubuh dari virus di tengah pandemi ini," kata Romo Kielarski.

Ribuan penganut Katolik Roma di seluruh dunia akan memperingati Hari Raya Paskah pada Jumat minggu ini. Paskah merupakan salah satu hari raya yang penting dalam Kalendar Kristiani. Perayaan itu akan diperingati di tengah aturan pembatasan pertemuan yang ketat oleh pemerintah demi menekan penularan virus.

Di Polandia, salah satu negara di Eropa yang cukup religius, perkumpulan orang dibatasi tidak boleh melebihi dua orang. Sementara itu, hanya lima orang yang diperkenankan mengikuti misa di satu tempat dan waktu yang sama.

Sekolah, restoran, dan sebagian besar pertokoan tutup mengikuti aturan ketat pemerintah yang ingin menekan penyebaran virus. COVID-19 yang disebabkan jenis baru virus corona (SARS-CoV-2) telah menewaskan lebih dari 100 orang di Polandia.

Kielarski mengatakan meskipun pengakuan dosa itu dilakukan di ruangan terbuka, suasananya masih terasa intim. "(Proses) itu dapat dilakukan dengan tertutup, ada cukup banyak jarak," ujar dia.

Sejumlah gereja di Polandia membuka layanan sampai malam hari demi memenuhi kebutuhan pengakuan dosa para jemaat jelang Hari Raya Paskah.

Wabah virus corona tak menghentikan seorang pastor di Warsawa, Polandia, menerima pengakuan dosa dari jemaatnya.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close