Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kritik Pendekatan Indonesia terhadap Konflik AS-Tiongkok, Menlu Era SBY: Jangan Cuma Mengeluh

Jumat, 20 November 2020 – 19:16 WIB
Kritik Pendekatan Indonesia terhadap Konflik AS-Tiongkok, Menlu Era SBY: Jangan Cuma Mengeluh - JPNN.COM
Marty Natalegawa menghadiri Rapat Kerja Evaluasi Politik Luar Negeri 2009-2014 dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR Senayan. Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Negara-negara Asia, termasuk Indonesia, sebagai pihak ketiga dalam dinamika hubungan Tiongkok dan Amerika Serikat (AS), tidak cukup hanya mengambil sikap nonpartisan.

Mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, pemerintah mestinya dapat proaktif dalam masalah ini.

Dalam Global Town Hall 2020 yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Marty menyebut strategi kebijakan luar negeri Indonesia, dan negara Asia pada umumnya, harus mempunyai tujuan tertentu, bukan hanya berharap agar terjadi hal terbaik.

"Ruang yang dapat diisi, atau nilai tambah yang dapat dibawa, oleh negara seperti Indonesia adalah bagaimana caranya dapat membantu menciptakan stabilitas di tengah rivalitas Tiongkok-AS," kata menlu era Presiden SBY itu.

"Dan lagi, negara seperti Indonesia tidak dapat hanya menyampaikan keprihatinan atau keluhan kita harus menawarkan rekomendasi kebijakan yang konkret. Dan bahkan bukan hanya untuk Tiongkok dan AS, namun juga dinamika bilateral di kawasan, seperti Tiongkok-India dan Tiongkok-Jepang," ujar Marty.

Ketegangan hubungan Tiongkok dan AS semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dengan sejumlah isu yang menjadi konflik antara keduanya, mulai dari perang dagang, penanganan pandemi COVID-19, politik Hong Kong dan Taiwan, etnis Muslim Tiongkok di Xinjiang, hingga sengketa di Laut China Selatan.

Beberapa waktu yang lalu, Tiongkok dan AS sempat menggertak satu sama lain dengan saling unjuk kekuatan militer di perairan Laut Tiongkok Selatan--yang berpotensi berimbas pada keamanan regional.

Dalam sesi diskusi yang sama, Kevin Rudd, mantan perdana Menteri Australia, menambahkan bahwa negara-negara ketiga dalam hubungan Tiongkok-AS akan menghadapi tantangan geopolitik yang lebih kompleks seiring dengan terus bergeraknya dunia ke arah yang makin biner.

Menlu Era SBY Marty Natalegawa nilai pemerintah menyia-nyiakan peluang terkait konflik AS-Tiongkok

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close