Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kritisi Anas, Marzuki Dipuji sebagai Negarawan

Kamis, 24 Juni 2010 – 19:29 WIB
Kritisi Anas, Marzuki Dipuji sebagai Negarawan - JPNN.COM
JAKARTA - Pengamat Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin menilai keberanian Marzuki Alie bisa bersikap jernih. Itu dibuktikan dengan mengkritisi partainya sendiri terkait rekrutmen Anggota KPU Andi Nurpati menjadi Kepala Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat. Menurut Irmanputra  hal tersebut merupakan langkah konstitusional yang patut untuk diapresiasi oleh internal Demokrat dan bangsa ini.

"Sikap objektif Marzuki Alie yang melihat bergabungnya Anggota KPU Andi Nurpati ke Partai Demokrat adalah melawan aturan yang berlaku, sekaligus memperlihatkan kualitasnya tersendiri baik sebagai kader Demokrat, Ketua DPR maupun negarawan. Seluruh kader Demokrat dan bangsa ini patut mengapresiasi kejernihan Marzuki Alie dalam memilah masalah," kata Irman, di Jakarta, Kamis (24/6).

Kejernihan dan kecermatan Marzuki Alie dalam memilah urusan politik dengan kepentingan penegakkan hukum, kata dia, sekaligus membantah opini yang selama ini dipersepsi publik sebagai kader yang terus-menerus membela SBY. "Kali ini Marzuki Alie ternyata sanggup membela kepentingan DPR sebagai institusi pengawas undang-undang. Ini jelas bermanfaat bagi SBY selaku Ketua Dewan Pembina Demokrat agar Ketua Umum Anas Urbaningrum tidak mengulangi kecerobohannya," tegasnya.

Ditanya, apakah sikap kritis Marzuki Alie itu merupakan efek dari kekalahan Marzuki Alie dari Anas Urbaningrum saat pemilihan Ketua Umum PD? Irmanputra Sidin berpendapat, bahwa pertanyaan tersebut tidak lagi menjadi penting. "Pelanggaran terhadap undang-undang adalah masalah semua anak bangsa. Dan Marzuki Alie sudah berada di jalur yang benar karena melaksanakan amanat ketua dewan pembinanya (SBY) untuk taat hukum," imbuh Irman.

JAKARTA - Pengamat Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin menilai keberanian Marzuki Alie bisa bersikap jernih. Itu dibuktikan dengan mengkritisi partainya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close